Tragedi Proyek PDAM, Ketika Protes Warga Dianggap Angin Lalu

Crane terguling di proyek PDAM wilayah Depok Jaya. (DepokToday.com)
Crane terguling di proyek PDAM wilayah Depok Jaya. (DepokToday.com)

DepokToday- Satu unit alat berat jenis crane yang sedang beroperasi di proyek PDAM tiba-tiba terguling, hingga akhirnya menimpa satu rumah, warung dan melukai tiga orang warga di Jalan Mawar, Kecamatan Pancoran Mas, Depok pada Jumat 15 Oktober 2021.

Belakangan diketahui, rupanya sebelum peristiwa nahas itu terjadi, warga sekitar telah berulang kali melayangkan protes terkait proyek yang berlangsung di sekitar pemukiman padat penduduk tersebut.

Baca Juga: Tangan Terjepit Beton, Evakuasi Bocah Korban Crane Jatuh Lebih dari 3 Jam

Keluhan warga bukan tanpa alasan, menurut mereka, proyek PDAM Depok ini minim keselamatan, terlebih berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk.

“Saya dari a-z kami tuh dari Pak RT, kami sudah berulang kali katakanlah protes, hanya ingin memperbaiki sistem dan metode kerja proyek ini tapi ya begitu,” kata Sandi, salah satu saksi yang juga tetangga korban di lokasi kejadian.

Baca Juga: Alat Berat Proyek PDAM Timpa Rumah Warga Depok, Korbannya 3 Orang

Ia dan warga sekitar menilai, metode kerja yang dilakasanakan pelaksana proyek membahayakan lingkungan sekitar.

“Kesimpulannya seperti itu saja. Secara teknik dan detilnya kami bukan yang langsung pegang proyek, tapi kami orang sini ngerti dampak dan akibat bahaya proyek ini. Apalagi jika tidak mengkuti apa kata warga sekitar,” katanya.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 15 Oktober 2021: Megawati Jabat Ketua BRIN, Hati-hati Konsumsi Pepaya Berlebih

Sejumlah keluhan dan protes tersebut, lanjut Sandi, sudah disampaikan warga dengan berbagai cara, termasuk melayangkan surat ke pihak-pihak yang dianggap memiliki kewenangan di kota ini.

“Kami sudah sampaikan ke Kecamatan, Kejari, DPR juga sudah. No response. Tetap mereka dengan sikap awal yang mana katanya metode dia betul. Inilah akibatnya,” keluh dia.

Tragedi Proyek PDAM

Seperti diketahui, peristiwa itu terjadi sekira pukul 09:00 WIB. Alat berat jenis crane ini terguling pada sisi kanan hingga menimpa rumah warga yang berada persis dekat lokasi tower air PDAM, di wilayah Depok Jaya, tepatnya di Jalan Mawar.

Tiga orang terluka dalam insiden ini. Dua di antaranya telah berhasil dievakuasi, namun satu lagi masih terjepit reruntuhan bangunan. Ia adalah Yasmin, bocah perempuan yang sedang belajar di dalam rumah tersebut.

Kondisi rumah dan korban yang tertimpa crane (DepokToday.com)
Kondisi rumah dan korban yang tertimpa crane (DepokToday.com)

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah petugas masih berupaya keras menolong anak malang tersebut. (rul/*)