Tokoh Tionghoa Ini Bela Habib Rizieq dan FPI: Saya Bukan Islam, Tapi Hati Ganjel

Lieus Sungkharisma bela Habib Rizieq (Foto: Istimewa)
Lieus Sungkharisma bela Habib Rizieq (Foto: Istimewa)

DepokToday- Salah satu tokoh Tionghoa, Lieus Sungkharisma membela habis-habisan, mantan petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, pemerintah telah melakukan pelanggaran dan menegakan hukum semaunya.

Tak hanya itu, Lieus juga mempersoalkan tentang dibubarkannya Front Pembela Islam (FPI) oleh pemerintah. Ia menganggap, hal itu mencederai proses demokrasi karena tanpa proses peradilan yang jelas.

“FPI itu sebetulnya, saya bukan Islam, tapi hati saya ganjel juga lho. Kok enak saja main bubarin organisasi tanpa proses peradilan. Harusnya tidak seperti itu,” katanya, disitat dari warta ekonomi pada Kamis 23 September 2021.

Dalam pernyataannya itu, Lieus juga menyoroti soal penangkapan Habib Rizieq yang dianggapnya janggal. Menurut dia, masalah yang menjerat mantan imam besar FPI itu tidak jelas, seperti kerumunan dan berkerumun.

Minta 560 Anggota DPR Bela Habib Rizieq

Ia mengganggap, segala sanksi dan hukuman telah dijalani oleh Habib Rizieq, seperti membayar denda, sampai mendekam 8 bulan di penjara.

“Tapi apa, ini kok enggak ada yang teriak, mana, harusnya 560 anggota DPR mestinya teriak lepaskan Habib Rizieq,” ujarnya.

Atas dasar itulah, ia pun menganggap pemerintahan Presiden Jokowi yang memang serius menghadapi isu intoleransi.

Baca Juga: Tim Intelijen Kejaksaan Ringkus Buronan di Depok, Ini Dosa-dosanya

Di mata Lieus, FPI merupakan organisasi yang baik, tanpa disuruh dan diminta malah datang ke salah satu vihara tertua di Jakarta dan melakukan bersih-bersih.

“Itu baru satu contoh, belum lagi yang lain, seperti kalau ada bencana tanpa disuruh selalu muncul membantu,” ujarnya. (rul/*)