TNI-Polri Kepung KKB Papua, Kapolres Intan: Ketemu Hantam

TNI-Polri kejar KKB Papua (Foto: Istimewa)
TNI-Polri kejar KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday- Tingkah brutal yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB akhir-akhir ini telah membuat aparat TNI-Polri naik pitam. Terkait hal itu, sejumlah pasukan penegak hukum dan penjaga kedaulatan Indonesia itu akhirnya melakukan pengepungan di berbagai titik di Kota Sugapa, Papua.

Tindakan tegas aparat gabungan TNI-Polri itu terpaksa dilakukan karena KKB kembali bikin onar. Bahkan baru-baru ini, kelompok yang dicap sparatis itu telah melakukan pembakaran sejumlah kendaraan dan bangunan di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Baca Juga: Tragis, Janda Depok Tewas Gantung Diri Akibat Utang Pinjol

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan menegaskan, kini aparat sudah menutup sejumlah akses di wilayah Kota Sugapa. Dia juga mengklaim, situasi dan kondisi saat ini terbilang kondusif.

“Semua pasukan sudah menutup akses di wilayah Kota Sugapa. Kami sudah mengendalikan kondisi kamtibmas di Sugapa,” katanya dikutip pada Selasa 2 November 2021.

Sandi mengklaim, strategi perang seperti ini telah berhasil membuat KKB Papua yang kerap malakukan teror keji di wilayah Sugapa sudah hengkang dari wilayah tersebut.

Namun apabila nantinya masih ada yang terlihat, pihaknya mengancam bakal mengambil sikap tegas dengan menghabisi gerombolan teroris tersebut.

“Kalau ada yang masih terlihat, kami hantam (tindak),” janjinya.

Baca Juga: Sadis, Joker Sungguhan Tikam 17 Penumpang Kereta dan Bakar Gerbong, Motifnya Bikin Miris

Ketika disinggung berapa jumlah pasukan yang dikerahkan untuk melakukan pengepungan, Sandi enggan membeberkannya. Menurutnya hal itu berkaitan dengan tak tik perang.

“Ini yang tidak bisa kami kasih tahu. Karena ketika jumlah kekuatan pasukan kami ekspos dan termuat di media, ya selesai sudah, mereka (KKB) bisa baca kekuatan kami, ketahuan sudah,” ujarnya.

KKB Kembali Berulah di Papua

Untuk diketahui, KKB belum lama ini kembali melakukan sejumlah penyerangan di kawasan Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat 29 Oktober 2021.

Penyerangan diawali sekitar pukul 15.38 WIT, saat itu KKB melakukan aksi penembakan ke Polsek Sugapa dari arah tower Telkomsel. Personel kemudian membalas tembakan hingga terjadi kontak senjata di lokasi.

Di hari yang sama KKB Papua juga menyerang sebuah bangunan rumah milik warga bernama Rian dan melakukan penembakan Pos Satgas 521 di sekitar perumahan sekretaris daerah.

Baca Juga: Pesugihan Bisa Dibatalkan, Begini Tipu Daya Setan Modus Penyembuhan

Salain itu, dalam beberapa menit kemudian, KKB bergerak menuju arah bandara dan kembali melakukan aksi pembakaran.

Kendati begitu serangkaian penyerangan KKB tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka dari pihak aparat keammanan. Namun penyerangan di beberapa titik tersebut menyebabkan cukup banyak kerugian materil. (rul/*)