Tips Berolahraga Saat Berpuasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Hometown Diary
Berolahraga. (Foto: Dok. Hometown Diary)

JAKARTA—Olahraga sangat membawa pengaruh positif pada tubuh manusia, antara lain untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar agar tidak lemas.

Di bulan Ramadan tahun ini, olahraga juga tidak masalah dilakukan. Bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadan? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan?

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/hometown-dairy-salurkan-15-000-gelas-susu-kepada-tenaga-medis-di-26-rumah-sakit/

Anjani Miranti selaku Marketing dari Hometown Dairy, mengungkapkan di Ramadhan series sesi kedua di Instagram Live @hometowndairy.id pada Sabtu 17 April 2021 bertema “Puasa Anti Lemas : Workout saat Puasa” bersama Moderator Debie Octora dan juga mengundang Certified Fitness Coach yaitu, Adianti Reksoprodjo sebagai Narasumber memberikan 5 Tips & Trik olahraga saat berpuasa sebagai berikut :

1). Tetap Lakukan Olahraga saat Berpuasa

Sangat di sayangkan, apabila kamu berhenti berolahraga saat berpuasa misalnya 1 bulan saja, kamu akan kehilangan progress latihan yg sudah di lakukan selama 3 bulan berturut-turut.

2). Waktu Olahraga

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadhan adalah pada saat menjelang buka puasa, usai shalat tarawih dan menjelang sahur. Durasi waktunya apabila menjelang buka puasa sekitar 30-60 menit karena mendekati waktu makan, sehingga tubuh segera mendapat asupan energi kembali. Namun kembali ke individu masing-masing ada yg berolahraga menjelang puasa atau bahkan menjelang sahur. Kamu yg lebih kenal dengan tubuhmu sendiri.

3). Olahraga yang baik dilakukan saat puasa 

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jenis olahraga. Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sekitar 40-50% dari biasanya.

4). Waktu tidur yang cukup 

Tips terakhir ini sangat penting, Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Apabila Waktu tidur tidak tepat akan mempengaruhi kinerja tubuh.

5). Asupan harus diperhatikan

Berolahraga saat berpuasa, tubuh sangat memerlukan cairan tercukupi dan nutrisi yg seimbang. Susu bisa menjadi pilihan untuk sumber cairan dan protein yg sangat dibutuhkan saat berolahraga. Hometown Dairy bisa menjadi salah satu pilihan asupan agar tubuh tidak terasa lemas dan tetap bugar saat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Berikut tips dan trik dari Certified Fitness Coach, yaitu Adianti Reksoprodjo.

“Selain Adianti Reksoprodjo, Happy at Home with Hometown Ramadhan Series ini juga akan mengundang beberapa narasumber lainnya yang merupakan ahli di bidangnya. Sepanjang bulan Ramadhan 2021 ini, akan diadakan 4 sesi yang bertujuan untuk edukasi keluarga di rumah tetap happy menjalankan aktivitas. Happy at Home with Hometown akan diadakan setiap Sabtu jam 11.00 dan dapat disaksikan di Instagram Live @hometowndiary.id ” ungkap Anjani Miranti selaku Marketing dari Hometown Dairy.

(tdr/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here