Tinjau Vaksinasi Massal di UP Jakarta, Ini Pesan Panglima TNI

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau langsung program vaksinasi di UP Jakarta. (DepokToday.com)
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau langsung program vaksinasi di UP Jakarta. (DepokToday.com)

JAKARTA- Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau langsung program vaksinasi massal yang digelar Universitas Pancasila atau UP, di Jakarta Selatan pada Kamis 1 Juli 2021.

Pantauan DepokToday.com melaporkan, Panglima TNI dan rombongan tiba di kampus tersebut sekira pukul 16:00 WIB. Kedatangan orang nomor satu di lingkungan TNI itu mendapat sambutan hangat Rektor UP, Profesor Edie Toet Hendratno dan jajaran.

Setelah berbincang sesaat dengan jajaran rektorat, Marsekal Hadi dan rombongan menyempatkan diri meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dan menyapa sejumlah peserta yang hadir. Tak lupa, ia mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

“Setelah ini (vaksin) tetap jaga protokol kesehatan ya. Tetap gunakan masker,” katanya.

Pada kesempatan itu, Marsekal Hadi juga sempat meninjau langsung pembangunan sejumlah tempat ibadah yang berada di area UP Jakarta Selatan.

Rektor UP, Profesor Edie Toet Hendratno menegaskan, pihaknya siap mendukung kebijakan pemerintah, seperti dalam hal percepatan program vaksinasi ini.

“Setiap universitas itu punya kewajiban yang namanya pengabdian pada masyarakat di samping pendidikan dan pelatihan. Apa yang kalian lihat adalah salah satu bukti pengabdian UP pada masyarakat,” katanya

Edi menjelaskan, setiap harinya UP menyiapkan sebanyak 500 hingga 800 dosis vaksin untuk umum.

“Jadi semua masyarakat yang belum vaksin bisa vaksin di sini (UP). Sehari ini, 645 orang yang sudah divaksin,” ujarnya di dampingi Wakil Rektor II, Novi Yantih.

Target Vaksinasi di UP Jakarta

Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak Senin 28 Juni 2021. Rencanaya akan dibuka sampai Kamis pekan depan. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Totalnya sudah 3.600 orang (yang divaksin) dari hari pertama, jadi sudah banyak. Tapi kalau masyarakat masih butuh kami juga tidak ada masalah tambah hari lagi, apalagi kondisi saat inikan presiden bilang darurat ya.”

Baca Juga: Update Kasus COVID-19 Depok, 17 Warga Meninggal Hari Ini

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tidak ada syarat khusus pada pelaksanaan vaksinasi ini.

“Syaratnya KTP saja, KTP DKI Jakarta diutamakan, tapi KTP di luar kami terima, utamanya yang kerja di Jakarta,” ucapnya.

Rektor UP, Profesor Edie Toet Hendratno (DepokToday.com)
Rektor UP, Profesor Edie Toet Hendratno (DepokToday.com)

“Dan mahasiswa KTP manapun kami terima. Karena program utamanya kan mahasiswa ya. Dan ini kewajiban kami. Kami harus melakukan ini sebagai bagian dari pengabdian pada masyarakat,” timpalnya lagi. (rul/*)