Tinjau Vaksinasi di Terminal Jatijajar, Menhub Minta Ini ke Kepala Daerah

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Depok saat meninjau vaksinasi di Terminal Jatijajar
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Depok saat meninjau vaksinasi di Terminal Jatijajar

DepokToday – Melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ, Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Polri, Pemerintah Kota Depok, dan PT Jasa Raharja kembali melakukan program vaksinasi “Gerai Vaksin Merdeka” yang dilaksanakan di Terminal Tipe A Jatijajar, pada Rabu 11 Agustus 2021.

Dalam kegiatan ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung meninjau kegiatan vaksinasi yang diperuntukan bagi masyarakat Depok dan sekitarnya yang ditargetkan bakal menjaring 1.000 warga.

“Sebagaimana perintah Bapak Presiden bahwa Kementerian dan Lembaga harus ikut melakukan intensifikasi vaksinasi. Dan alhamdulillah, Kemenhub sudah melaksanakan program vaksinasi bekerja sama dengan TNI, Polri, dan Pemda. Hingga hari ini, secara total kami telah melakukan vaksinasi sekitar 200 ribu orang,” jelas Menhub lewat keterangan BPTJ.

Menhub menjelaskan, jumlah masyarakat yang vaksin di kota penyangga Jakarta termasuk Kota Depok, harus ditingkatkan. Sebab, saat ini vaksinasi di Jakarta sudah mencapai 80 persen dan di Kota Depok baru sekitar 27 persen. Karena itu, dia meminta kepala daerah dan lembaga lainnya bisa menggencarkan vaksinasi kepada warganya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pusat Sediakan 15 Juta Vaksin COVID-19 Setiap Bulan untuk Jawa Barat

“Tiap minggu kami lakukan vaksinasi di simpul-simpul transportasi dan juga sekolah-sekolah transportasi. Terima kasih kepada Walikota Depok karena di Kota Depok partisipasi masyarakat untuk vaksin sudah 27 persen. Terima kasih juga kepada Polri sudah berkolaborasi dengan kami menggelar vaksin di simpul-simpul transportasi,” jelas Menhub Budi usai meninjau vaksinasi di Terminal Jatijajar.

Menhub berharap, dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan vaksin, diharapkan akan tercipta kekebalan komunal atau herd immunity terhadap virus Covid-19. Menhub berharap, upaya ini dapat segera memulihkan dan menggerakan kegiatan ekonomi dan aktivitas masyarakat akan kembali normal.

Sementara itu, Walikota Depok Idris Abdul Somad menyambut baik kegiatan vaksinasi yang dilakukan di kota Depok. Menurutnya, diperlukan kolaborasi semua pihak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat melakukan vaksinasi, sehingga diharapkan pandemi dapat segera berakhir.

Selain gerakan vaksinasi, Kemenhub bersama stakeholder terkait juga membagikan paket sembako dan buah-buahan lokal (buah nusantara) kepada para tenaga kesehatan, masyarakat terdampak dan juga pelaku transportasi seperti pengemudi angkot dan ojek online.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B. Pramesti, Walikota Depok K.H Muh. Idris Abdul Somad, Dir. Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, dan Direktur Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang. (lala/*)