Tinggal Dirumah Reot, Begini Nasib Miris Pasangan Lansia di Depok

Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Imam Budi Hartono saat memberikan bantuan kepada nenek Anisah (Istimewa)

SAWANGAN– Rumah tidak layak huni atau RTLH, masih ditemukan di Kota Depok, Jawa Barat. Salah satunya terdapat di kawasan RT 1/9, Kelurahan Sawangan Baru. Ironisnya lagi, rumah yang nyaris ambruk itu diisi oleh sepasang suami istri lanjut usia, dengan satu orang anak.

Adalah Marhad (65 tahun) dan istrinya, Anisah (64 tahun) pasangan suami istri tersebut. Menurut keterangan warga setempat, rumah itu sudah tak layak untuk dihuni sejak beberapa waktu lalu. Puncaknya, akibat terimbas cuaca ekstrem dan adanya gempa kemarin, yang menyebabkan beberapa bagian rumah nyaris roboh, terutama dibagian kamar.

Sejumlah warga yang merasa prihatin dengan kondisi itu kemudian mensiasatinya dengan mengganjal atap bangunan menggunakan kayu dan bambu agar tidak runtuh. Penghasilan Marhat yang pas-pasan lantaran hanya sebagai hansip dan buruh serabutan, jelas tak mampu untuk memperbaiki rumah tersebut.

Ketua RT setempat, Dedi mengungkapkan, rumah itu memang sudah lama tidak layak untuk dihuni. Kondisi semakin memprihatinkan sejak beberapa bulan terakhir, terlebih sejak adanya gempa kemarin sore

“Mungkin juga karena gempa, tapi memang sudah tidak layak huni,” katanya saat dikonfirmasi pada Rbau 11 Maret 2020.

Dedi mengatakan, rumah ini sebenarnya sudah masuk dalam peninjauan untuk bantuan RTLH. Namun hal itu baru bisa terealisasi pada 2021. Karena khawatir dengan keselamatan Marhad dan keluarganya, warga setempat kemudian memutuskan untuk menggalang dana secara swadaya.

“Alhamdulillah warga disini pada respon, kita mau cari bantuan kesana kemari dan Alhamdulillah juga, ini pak Imam Budi Hartono, dari DPRD Jawa Barat sudah datang langsung ngasih bantuan sementara, responnya sangat cepat dan akan ditindaklanjuti.”

Ucapan Dedi pun langsung diamini Imam. Pria yang menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat ini mengatakan, dirinya mendapat informasi terkait musibah ini dari warga se-malam, dan lansung melakukan peninjauan ke lokasi kejadian, pagi tadi.

“Tadi saya kesana, jadi rumah itu sudah sangat memprihatinkan, mengalami musibah diantaranya dua kamarnya sudah rubuh, sekarang sudah diganjal oleh kayu agar bisa tetap berdiri,” katanya

Salah satu kandidat bakal calon wali kota ini mengaku, selain memeriksa langsung kondisi rumah itu, dirinya juga sempat memberikan bantuan logistik. Ia bahkan berjanji bakal menindaklanjutinya dengan mengalokasikan dana agar rumah itu bisa segera diperbaiki.

“Memang sudah direncanakan bantuan untuk RTLH di 2021, cuman melihat kondisi rumah seperti itu saya berharap ingin memperbaiki bersama warga agar tidak ada korban. Kita khawatir rumah itu sewaktu-waktu rubuh,” ucapnya

“Doakan agar saya bisa membantu memperbaiki, agar minimal tidak terjadi korban akibat rumah itu rubuh,” timpalnya lagi

Lebih lanjut politisi PKS ini berharap, Pemerintah Depok bisa turut hadir mencari solusi terkait persoalan ini.  “Saya berharap Pemkot Depok atau yang lainnya bisa membantu warga yang kurang mampu, dalam hal ini masyarakat miskin. Apalagi ini sangat mendesak karena rumahnya sudah mau rubuh.”  (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here