Timnas Indonesia Siap Berjuang Maksimal Melawan Cina Taipei

Empat tim yang bertanding di babak play-off kualifikasi Piala Asia Cina 2023.(Foto: AFC)
Empat tim yang bertanding di babak play-off kualifikasi Piala Asia Cina 2023.(Foto: AFC)

JAKARTA—Hasil undian pertandingan babak play-off Kualifikasi Piala Asia Cina 2023 yang mempertemukan Indonesia vs Cina Taipei, disambut positif oleh PSSI.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menegaskan bahwa Timnas sepak bola Indonesia akan berjuang maksimal melawan Taiwan (Cina Taipei—red) demi mengamankan tiket lolos ke putaran final Piala Asia Cina 2023.

“Hasil pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 menjadikan Indonesia harus mengikuti playoff dan akan melawan Taiwan. PSSI akan mempersiapkan tim dengan baik untuk menghadapi laga tersebut, apalagi Taiwan tim yang harus diwaspadai,” kata Yunus Nusi dikutip situs resmi PSSI, Kamis 24 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Timnas Indonesia Hadapi Cina Taipei di Babak Play-off Piala Asia 2023

Mengenai siapa saja pemain yang akan diturunkan pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia Cina 2023, PSSI menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih Indonesia, Shin Tae-yong.

“Terkait pemilihan pemain tentu menjadi kewenangan pelatih Shin Tae-yong,” jelas Yunus Nusi.

Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)
Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)

PSSI, kata dia, mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi hasil maksimal di babak play-off untuk bisa lolos ke babak kualifikasi. “Sehingga nantinya dapat meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023,” tambah Yunus Nusi.

DIBACA JUGA: Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Harus Lewati Dulu Babak Play-off

Dua tahun lagi menuju turnamen Piala Asia di Cina, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Rabu, 16 Juni 2021, telah mengumumkan 22 dari 24 tim maju ke babak final Kualifikasi Piala Asia Cina 2023.

Namun Indonesia tidak termasuk ke dalam 22 tim yang langsung tampil di kualifikasi. Indonesia harus menjalani babak play-off terlebih dahulu.

Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak I Kadek Agung di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter)
Pemain Indonesia merayakan gol yang dicetak I Kadek Agung di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter)

Babak play-off Kualifikasi Piala Asia Cina 2023 diikuti sebanyak empat tim yang berada di peringkat 36 hingga 39. Selain Indonesia (peringkat 36), tiga tim lainnya adalah Kamboja (peringkat 37), Cina Taipe (peringkat 38), dan Guam (peringkat 39).

Mereka adalah empat tim peringkat kelima terendah dari babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 Zona Asia sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 di Grup A hingga G (Semua Grup kecuali Grup H).

DIBACA JUGA: Pelajaran Berharga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Dan kemarin, AFC sudah melakukan undian pertandingan babak play-off. Indonesia akan menghadapi Cina Taipei, sementara Guam melawan Kamboja.

Babak play-off Kualifikasi Piala Asia Cina 2023 akan dimainkan dengan sistem round robin atau saling bertemu kandang dan tandang.

Pertandingan leg pertama digelar pada 7 September 2021, sedangkan pertandingan leg kedua dihelat pada 12 Oktober 2021.

DIBACA JUGA: Inilah 12 Tim Asia yang Lolos ke Babak Penentu Piala Dunia 2022

Dua pemenang dari babak play-off akan melaju ke babak penyisihan Kualifikasi Piala Asia Cina 2023.

Babak kualifikasi Piala Asia Cina 2023 akan diikuti 24 negara. Nantinya, 24 tim itu dibagi ke dalam enam grup, yang masing-masing grupnya berisikan empat tim.

Juara grup pada babak kualifikasi otomatis lolos ke Piala Asia 2023. Sementara itu, lima runner-up terbaik juga akan melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

(tdr/*)