Tim SAR Evakuasi 13 Pendaki di Gunung Raung

Gunung Raung (istimewa)

 

Jatim- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 13 pendaki Gunung Raung, di Jawa Timur menyusul kebakaran di hutan gunung tersebut.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional, para pendaki dievakuasi dengan selamat di basecamp pendakian di Desa Wonorejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, pada pukul 10.30 WIB, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Tujuh orang dari tiga belas pendaki itu ialah warga negara Singapura, dan tiga di antaranya berhasil dievakuasi dengan sepeda motor.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan dari Tim Kesehatan Puskesma Kalibaru. Ada dua orang surveyor yang terluka ringan, masih bisa melakukan evakuasi dengan jalan sendiri, tidak perlu rujukan untuk penanganan lanjutan,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Masyarakat BNPB, Agus Wibowo, melalui keterangan tertulisnya.

Rencananya, kata Agus, setelah selesai pemeriksaan kesehatan dan istirahat di base camp, para pendaki akan melanjutkan perjalanan pulang.

Ketiga belas pendaki yang terjebak itu terdiri dari 2 porter, 2 pemandu, 2 warga Indonesia, 7 warga Singapura. Mereka, antara lain:

1. Widi, laki-laki, warga Banyuwangi;
2. Sam, laki-laki, warga Banyuwangi;
3. Sinyo Gimbal, laki-laki, Banyuwangi;
4. Pak Putri, laki-laki, Banyuwangi;
5. Lutfi Sofian, laki-laki, 23 tahun, warga Jember;
6. Felisianus Jeremy, laki-laki, 35 tahun, warga Jakarta;
7. Ng Hui-Lin, perempuan, 23 tahun, warga Singapura;
8. Kom Jun Wei, laki-laki, 25 tahun, warga Singapura;
9. Shervon Ong perempuan, 24 tahun, warga Singapura;
10. Teo Yi Xian, laki-laki, 24 tahun, warga Singapura;
11. Pang Jia Hui, laki-laki, 25 tahun, warga Singapura;
12. Beh Ing Tsyr, perempuan, 23 tahun, warga Singapura;
13. Chua Ying Jie, laki-laki, 27 tahun, warga Singapura.

(dar)