Tiket Perempat Final Piala Eropa 2020 Tersisa Dua Lagi, Milik Siapa?

Dua pertandingan terakhir babak 16 besar Piala Eropa 2020, Inggris vs Jerman dan Swedia vs Ukraina. Jadwal pertandingan adalah waktu setempat.(Foto: Tangkapan Layar Situs Resmi UEFA)
Dua pertandingan terakhir babak 16 besar Piala Eropa 2020, Inggris vs Jerman dan Swedia vs Ukraina. Jadwal pertandingan adalah waktu setempat.(Foto: Tangkapan Layar Situs Resmi UEFA)

DEPOK—Inggris, Jerman, Swedia, dan Ukraina, akan memperebutkan dua tiket sisa menuju babak perempat final Piala Eropa 2020 malam ini dan dini hari nanti WIB.

Inggris akan menghadapi Jerman pada pertandingan babak 16 besar di Stadion Wembley, London, Inggris, malam ini pukul 23:00 WIB.

Melawan Jerman menjadi keuntungan tersendiri bagi Inggris. Pasalnya, The Three Lions tampil di kandang sendiri dan sudah pasti mendapat dukungan langsung dari penggemarnya.

Ditambah lagi dengan torehan ciamik Inggris selama bertanding di babak penyisihan grup, Inggris diprediksi bisa mengatasi Jerman.

Skuat Inggris.(Foto: Twitter Euro2020)
Skuat Inggris di Piala Eropa.(Foto: Twitter Euro2020)

Akan tetapi, sejarah pertemuan mereka tidak berpihak kepada Inggris. Jerman tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir mereka melawan Inggris di Stadion Wembley (Menang 5 dan Imbang 2).

Jerman tidak pernah kalah di sana sejak kalah 2-0 dalam pertandingan persahabatan bulan Maret 1975. Kekalahan kompetitif terakhir Jerman atas Inggris di stadion itu adalah final Piala Dunia 1966.

“Kami telah merobohkan tonggak sejarah itu selama tiga atau empat tahun terakhir, tidak masalah apa yang telah terjadi sebelumnya. Kami telah melihat bahwa sejarah dapat diciptakan dan saya pikir para pemain menyukai tantangan itu dan kami harus melihatnya sebagai tantangan daripada takut akan hal itu,” tegas Pelatih Inggris, Gareth Southgate.

“Saya pikir keberanian itulah yang kami pegang sebagai sebuah tim dan peluang yang ada. Itulah cara para pemain melihatnya untuk bertanding dengan Jerman,” tambah Southgate kepada EURO2020.com.

Mampukah Jerman?

Jerman datang di babak 16 besar sebagai runner-up Grup F. Tim Panser lolos bersama Prancis (juara grup) dan Portugal (peringkat tiga terbaik), dimana kedua tim dari “Grup Neraka” itu kini telah tersingkir dari Piala Eropa 2020.

Praktis hanya Jerman yang tersisa dari Grup F di Piala Eropa 2020. Jika kalah dari Inggris, Grup F tidak punya wakil lagi di turnamen Benua Biru edisi ke-16 ini.

Jerman kalah dari Prancis 0-1 pada laga pembuka, diikuti oleh kemenangan 4-2 yang luar biasa melawan Portugal, sebelum Die Mannschaft membutuhkan penyeimbang Leon Goretzka di akhir pertandingan melawan Hungaria pada Matchday 3 untuk mencapai babak gugur.

Skuat Jerman di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)
Skuat Jerman di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)

Lantas bisakah Jerman mengalahkan musuh lama mereka (Inggris—red) sekali lagi?

“Ini akan menjadi jenis pertandingan yang sama sekali berbeda melawan Inggris, dan kami harus mendapat manfaat dari itu. Inggris berada di kandang dan mereka harus menyerang. Ini akan lebih terbuka daripada melawan Hungaria, tetapi kami harus benar-benar berada di posisi kami sendiri,” tandas Pelatih Jerman, Joachim Low.

Swedia vs Ukraina

Swedia menarik perhatian dengan hasil imbang pembuka melawan Spanyol, dan mereka menggarisbawahi kualitas mereka dengan mengalahkan Slowakia dan Polandia untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E.

Tim asal Skandinavia itu terorganisir dengan baik di lini belakang dan berbahaya di lini depan, dipelopori oleh penyerang yang telah mengoleksi tiga gol, Emil Forsberg.

Emil Forsberg (kiri) bergembira usai mencetak gol ke gawang Polandia.(Foto: Twitter Euro2020)
Emil Forsberg (kiri) bergembira usai mencetak gol ke gawang Polandia.(Foto: Twitter Euro2020)

“Ukraina adalah tim yang bagus; mereka tahu cara beralih dari pertahanan ke serangan. Mereka tampak lelah melawan Austria, tetapi seperti kami, mereka juga beristirahat bahkan lebih sebenarnya,” tutur Pelatih Swedia, Janne Andersson.

Sementara, Ukraina juga memiliki beberapa pemain dengan prestasi tinggi dalam serangan, dengan Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko, masing-masing mereka mencetak dua gol.

DIBACA JUGA: Inilah Nama Bola yang Dipakai pada Pertandingan Piala Eropa 1968—2020

Pasukan Andriy Shevchenko berhasil lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik menyusul dua kekalahan dan satu kemenangan di Grup C, namun serangan balik mereka yang menarik melawan Belanda menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi tim yang hebat.

“Swedia adalah tim yang sangat terorganisir, dan saya sangat menghormati mereka. Mereka memiliki gaya permainan tertentu, dan mereka tidak menyimpang dari itu. Mereka memiliki dua striker hebat, dan sangat kuat secara fisik sehingga jarang kalah dalam pertarungan satu lawan satu,” ulas Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko.

Pertandingan Swedia vs Ukraina berlangsung di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu 30 Juni 2021 dini hari WIB. Ini adalah pertandingan terakhir untuk babak 16 besar Piala Eropa 2020.

(tdr/*)