Tiga Ular Kobra Jawa Kembali Muncul di Rumah Warga Depok

Tiga anak ular Kobra Jawa dievakuasi petugas Damkar Depok. [DepokToday.com]
Tiga anak ular Kobra Jawa dievakuasi petugas Damkar Depok. [DepokToday.com]

DepokToday- Tiga ular jenis Kobra Jawa kembali ditemukan di pemukiman warga Depok pada Minggu, 21 November 2021. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kasus ini lantaran ular dengan nama latin Naja sputatrix itu berhasil dievakuasi petugas Damkar setempat.

Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengungkapkan, evakuasi tiga jenis anak ular Kobra Jawa itu diketahui dari laporan salah seorang warga Pangkalan Jati, Cinere.

Baca Juga: Hilang Misterius, Bocah Depok Ini Ditemukan Usai Ritual Gaib

Pemiliki rumah melaporkan, ada ular di atap plafon rumahnya. Namun karena takut, mereka langsung menghubungi petugas Damkar sekira pukul 14:25 WIB.

Dan benar saja, setelah diperiksa, ternyata ada tiga anak ular jenis Kobra Jawa yang berhasil ditemukan dan langsung dievakuasi petugas ke dalam botol air mineral.

Diduga, tiga ular ini baru berusia beberapa pekan karena masih sangat kecil. Kendati demikian, tetap memiliki bisa atau racun yang cukup tinggi.

“Yang kami temukan tiga ular ya. Ini jenis anakan Kobra Jawa dan kemungkinan baru beberapa hari dilahirkan karena masih kecil. Tapi tetap beracun,” kata Welman pada awak media di Depok.

Waspada Kobra Jawa di Depok

Dengan adanya temuan ini, petugas kemudian sempat melakukan penyisiran ke area pekarangan dan dalam rumah. Sebab mereka curiga, ada induknya.

“Ini masih kami lacak. Yang jelas kami imbau agar masyarakat jangan gegabah ketika menemukan ular, segera hubungi Damkar,” katanya.

Baca Juga: Warga Depok! Ini Sebab Ular Masuk Rumah dan Cara Mengatasinya

Sementara itu, melansir Wikipedia, ular Sendok Jawa atau Kobra Jawa (Naja sputatrix) adalah spesies ular sendok yang endemik di pulau Jawa dan Nusa Tenggara.

Sebutan ular ini dalam bahasa Inggris adalah Javan spitting cobra. Ular ini adalah salah satu jenis kobra yang mampu menyemprotkan racun bisa ke arah pengganggunya.

Seperti jenis kobra lainnya, ular-sendok jawa memiliki cara pertahanan diri dengan mengangkat kepala dan mengembangkan lehernya membentuk tudung atau sendok apabila merasa terganggu.

Ular ini juga mampu menyemburkan racun bisanya tepat ke arah mata pengganggunya. Jika bisanya mengenai mata dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: Geger! Mantan Jenderal BAIS Jadi Korban Mafia Tanah Depok

Ular-sendok jawa berkembangbiak dengan bertelur (ovipar). Jumlah telur yang dihasilkan sebanyak 13 sampai 19 butir.

Telur-telur tersebut akan menetas setelah diinkubasi selama 88 hari. Anak ular yang baru menetas berukuran panjang antara 24 sampai 28 cm. (rul/*)