Tiga Raperda Diusulkan Pemkot di Paripurna DPRD

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono bersama pimpinan DPRD Depok, (Istimewa)
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono bersama pimpinan DPRD Depok, (Istimewa)

DEPOK – Tiga Raperda atau Rancangan Peraturan Daerah diusulkan Pemerintah Kota Depok. Penyampaian racangan ini dilakukan dalam paripurna DPRD secara virtual pada Kamis Juni 2021.

Pada paripurna itu Bapemperda juga menyepakati 15 usulan Raperda Kota Depok untuk masuk pada Propemperda tahun 2021.

Tiga raperda yang diusulkan itu yakni, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  atau RPJMD Kota Depok tahun 2021-2026.

Ada juga Raperda Kota Depok tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Selain itu, Raperda Kota Depok tentang Fasilitas Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Menurut Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, tiga raperda ini diusulkan pihaknya lantaran aturan undang-undang yang lebih tinggi yang membuat pemerintah daerah harus melakukan pembentukan perda.

“Selain itu, alasan lainnya karena terbitnya undang-undangan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, sehingga Perda yang sudah ada sebelumnya harus disesuaikan,” beber dia.

Usulan raperda ini diharapkan Imam, dapat segera disetujui oleh DPRD Kota Depok agar proses berikutnya bisa segera dilakukan. “seluruh Raperda bisa berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu pembahasan,” kata dia.

Sementara itu, lewat keterangannya, Ketua Bapemperda DPRD Kota Depok, Ikravany Hilman mengutarakan, pada paripurna ini Bapemperda juga telah menyepakati 15 usulan Raperda Kota Depok untuk masuk pada Propemperda tahun 2021.

Dia menuturkan, Bapemperda akan melakukan konsultasi ke kementerian dan mempelajari pengalaman daerah lain yang sudah lebih dulu menerapkan perda dan berhasil dalam implementasinya.

“Kami juga akan melakukan koordinasi dengan perangkat daerah pengusul Raperda. Itu untuk penyempurnaan naskah akademik terhadap Raperda tersebut,” jelas dia. (lala/*)