Tiga Masjid yang Ada di Hadist Nabi Bakal Dibangun di Bogor

Yayasan Pesona Peradaban Islam, penggagas proyek miniatur tiga Masjid Hadist Nabi
Yayasan Pesona Peradaban Islam, penggagas proyek miniatur tiga Masjid Hadist Nabi. (Foto: Depoktoday.com)

JAKARTA- Yayasan Pesona Peradaban Islam berencana membangun replika atau miniatur tiga masjid yang ada dalam hadist Nabi Muhammad SAW yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al-Aqsho.

Mega proyek itu akan dibangun di kawasan Kabupaten Bogor.

CEO Yayasan Pesona Peradaban Islam, Danny Ibrahim mengaku, konsep yang ditawarkan nantinya tidak hanya kenyamanan dalam sisi spiritual, namun juga menyajikan wisata peradaban Islam.

“Kami berharap tiga masjid yang ada di hadist nabi itu nantinya menjadi tempat alternatif kerinduan umat akan pengalaman, serta keinginan untuk umroh dan ibadah haji,” katanya dikutip pada Jumat 7 Mei 2021.

Ia mengatakan, dipilihnya tiga masjid istimewa itu sebagai langkah untuk menyambut kebangkitan Islam, yang di dalamnya juga terdapat pusat kajian dan sentra ekonomi yang mencerminkan pesona peradaban Islam.

Replika Masjidil Haram, rencananya akan dibangun pada pintu gerbang pertama. Mirip dengan aslinya, bangunan tersebut berlantai dua dan diisi sejumlah ornamen yang didatangkan langsung dari luar negeri.

Di tempat itu juga terdapat miniatur atau replika ka’bah untuk latihan manasik haji maupun umrah.

“Nantinya di lantai dua miniatur Masjidil Haram akan dibangunkan perpustakaan empat mahzab populer di dunia Islam, yaitu mahzab Hambali, mahzab Hanafi, mahzab Maliki, dan mahzab Syafi’i,” katanya

Konsep Wisata yang Ditawarkan

Kemudian, di area miniatur Masjidil Haram akan dibangun mirip rumah istri Rasulullah.

“Di pinggiran area Masjidil Haram akan ditemui bangunan mirip rumah istri Rasulullah yang pertama yaitu Siti Khadijah,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihak yayasan juga akan menyediakan wisata kuliner khas timur tengah lengkap dengan souvenir yang mirip seperti di sana (area Masjidil Haram).

Baca Juga: Begini Penampakan Museum Rasulullah di Depok

Miniatur atau replika berikutnya adalah Masjid Nabawi dengan payung buka tutup otomatis yang jadi ciri khasnya.

“Bangunan ini difungsikan untuk area foto-foto dan rekreasi. Bangunan bagian dalam akan digunakan untuk seminar atau resepsi pernikahan,” kata Ketua Yayasan Ali Al Farabi.

Yang tidak akan direplikasi atau dibuat ulang dalam miniatur Masjid Nabawi yaitu Raudhah dan makam Rasulullah, karena sangat suci.

Yayasan Pesona Peradaban Islam, penggagas proyek miniatur tiga Masjid Hadist Nabi
Yayasan Pesona Peradaban Islam, penggagas proyek miniatur tiga Masjid Hadist Nabi. (Foto: Depoktoday.com)

Selanjutnya, replika atau miniatur ketiga adalah Masjid Al-Aqsho, yang sengaja didedikasikan untuk rakyat Palestina.

Rencananya, tempat itu akan dibangun dengan estimasi anggaran sebesar Rp 66 miliar. Proyek itu ditargetkan rampung selama 18 bulan. (rul/*)