Tidak Perlu Obat, Jalankan 7 Cara Alami, Kolesterol Tinggi Langsung Turun

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Penyakit di dalam tubuh bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya karena kolesterol yang tinggi. Kalau sudah mengetahui kadar kolesterol ini tinggi segeralah cari cara untuk menurunkannya.

Kondisi kolesterol tinggi bisa saja diturunkan dengan mengkonsumsi obat. Namun, dengan sejumlah cara alami ini bisa dicoba.

Setidaknya ada tujuh cara yang bisa dilakukan secara konsisten untuk menjaga kolesterol di dalam tubuh tidak meninggi. Cara ini merupakan cara alami yang bisa dicoba mulai sekarang.

Melansir dari halodoc, berikut ini 7 cara yang tentu saja alami untuk menurunkan kadar kolesterol:

1.Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara terbaik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol adalah sekitar 500 gram setiap harinya.

2.Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Pastikan untuk tidak menggoreng makanan-makanan tersebut, ya.

Baca Juga: Hasil Penelitian Ungkap Punya Sikap Ini Bikin Awet Muda Tanpa Perawatan

3.Konsumsi makanan yang kaya omega-3

Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi. Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

4.Konsumsi makanan mengandung serat larut

Makanan yang mengandung serat larut juga merupakan pilihan terbaik untuk membantu turunkan kadar kolesterol. Beberapa pilihan makanan kaya serat larut yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum.

Cegah Kolestrol Tinggi

5.Kontrol berat badan

Menjaga berat badan ideal juga merupakan kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal.

6.Olahraga teratur

Selain menjaga berat badan dengan menjalani diet sehat, penting juga untuk berolahraga teratur setiap harinya. Hal ini tak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

7.Hindari rokok

Kebiasaan merokok dapat membawa banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mengganggu keseimbangan kadar kolesterol. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera hentikan. Selain itu, kamu juga harus menghindari asap rokok.

Selain dapat menurunkan kolesterol baik, kebiasaan merokok juga membuat pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat. (lala/*)