Tidak Berlaku untuk Motor, Ini Skenario di Balik Ganjil Genap Margonda

Penerapan ganjil genap bakal berlaku di kawasan Margonda, Depok. (DepokToday.com)
Penerapan ganjil genap bakal berlaku di kawasan Margonda, Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Aturan ganjil genap tak lama lagi akan berlaku di Jalan Margonda, Kota Depok. Namun rupanya, kebijakan itu tak berlaku untuk pengendara sepeda motor. Terkait hal itu, ada sejumlah skenario lalu lintas yang telah disiapkan.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Ari Manggala menjelaskan, rencana terkait ganjil genap di Margonda telah dipikirkan sejak lama dengan kajian yang cukup matang bukan asal-asalan.

“Kajiannya waktu itu di sekitar tahun 2019. Hasil kajian dari simulasi kita di Margonda Raya baik roda dua maupun roda empat,” katanya dikutip pada Rabu 22 September 2021.

Baca Juga: Lagi, Pelajar Depok Luka-luka Akibat Perkelahian Antar Sekolah

Jalan Raya Margonda, Depok (DepokToday.com)
Jalan Raya Margonda, Depok (DepokToday.com)

Namun dari kajian simulasi tersebut, kata Ari, untuk roda dua aturan ini kurang efektif, karena dikhawatirkan malah akan membebani ruas-ruas jalan pendukung di sekitar Margonda, baik dari sisi utara, selatan, timur maupun barat.

“Jadi skenario yang terpilih berdasarkan bobot ranking memang hanya roda empat (yang kena aturan ganjil genap) di Jalan Margonda Raya,” ujarnya.

Penerapan Ganjil Genap Margonda Tidak Sepenuhnya

Nantinya, aturan ganjil genap itu akan berlaku pada Oktober. Untuk saat ini hanya di sekitaran Jalan Margonda dan itu pun tak sepenuhnya.

“Gini, kalau kita ketahui kan Jalan Margonda Raya itu dari fly over UI sampai dengan tugu jam Siliwangi, dan sampai Jalan Dewi Sartika,” katanya.

“Nah berdasarkan simulasi kajian yang akan kita terapkan itu hanya dari utara fly over UI sampai dengan simpang Ramanda. Kenapa hanya segmen 2 dan 3, karena segmen 1 itu merupakan ruas jalan yang mengakomodir pergerakan kendaraan dari arah timur ke barat, dari Depok timur maupun ke wilayah utara, barat Sawangan,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Data Korban Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Ada Warga Depok

Dengan demikian, lanjut Ari, ganjil genap tidak mungkin diberlakukan sepenuhnya di sepanjang Jalan Margonda.

“Makanya segmen satu dari Ramanda sampai tugu jam tidak mungkin diberlakukan.”

Aturan tersebut hanya berlaku pada Sabtu dan Minggu saja. Ini untuk mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut. (rul/*)