The Park Sawangan Menambah Daftar Mal Megah di Kota Depok

Peresmian The Park Sawangan (DepokToday, Rul)

DEPOK– NWP Retail, salah satu platform real estate terbesar dengan portfolio aset hingga mencapai 17 mal di seluruh Indonesia, kembali membuka sebuah pusat perbelanjaan baru di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Peresmian mall tersebut berlangsung pada Kamis, 16 Juli 2020.

Mall yang disebut The Park Sawangan itu telah melakukan uji coba operasional sejak 3 Juli 2020. Pusat perbelanjaan itu didesain secara modern dan megah oleh firma arsitektur ternama asal Amerika Serikat Callison RTKL.

Teges Prita Soraya, Head of Commercial Marketing NWP Retail, perusahaan induk pengelola The Park Sawangan mengungkapkan, mal tersebut dibangun sejak bulan Oktober 2018, di atas tanah seluas 52.000 m2, dengan bangunan setinggi 5 lantai. Prita menjelaskan, mal ini memiliki total luas lantai sebesar 56.528 m2 dan luas area yang disewakan (NLA) sebesar 36.000 m2.

The Park Sawangan berada di lokasi yang sangat strategis, di tengah-tengah area residensial Sawangan dan Bojongsari, serta dilewati oleh Jalan Raya Parung Ciputat, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, yang menjadi penghubung antara Kota Depok, Tangerang, Bogor dan Jakarta.

“Kami merasa bersyukur bahwa di tengah pandemi ini kami masih bisa membuka pusat perbelanjaan yang kami tahu sudah lama dinanti-nanti warga Sawangan, Bojongsari dan sekitarnya,” kata Prita pada awak media

Dirinya menegaskan, kesehatan dan keselamatan para pengunjung merupakan prioritas utama ditengah masa pandemi COVID-19.

“Untuk itu kami sudah mengimplementasikan teknologi terkini yang dapat mencegah penyebaran COVID-19, selain dengan ketat menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sebelum secara resmi dibuka, The Park Sawangan telah melakukan pembersihan secara menyeluruh, serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area mal.

“Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkala, terutama pada bagian-bagian yang sering disentuh seperti handle pintu, handrail eskalator, keran wastafel, serta seluruh ruangan-ruangan yang ada di The Park Sawangan.”

Prita mengungkapkan, dalam mengatur dan mengontrol jumlah pengunjung yang masuk ke dalam mal, The Park Sawangan telah menempatkan sejumlah alat penghitung otomatis dengan teknologi real time people counting di setiap pintu masuk.

“Teknologi ini penting agar kami dapat membatasi jumlah pengunjung yang masuk, yaitu sebanyak 50 persen dari kapasitas, sehingga pengunjung dapat berbelanja dengan aman dan nyaman di The Park Sawangan,” tuturnya

Tak hanya itu, bahkan dari sebelum masuk mal pun, lanjut Prita, pihaknya sudah menyediakan fasilitas cuci tangan tanpa sentuhan di beberapa pintu masuk utama serta alat pengecekan suhu otomatis.

Mengusung tagline #BelanjaAmanDiSawangan, The Park Sawangan sudah dilengkapi berbagai teknologi terkini yang dapat mengurangi kemungkinan penyebaran COVID-19, antara lain, tombol lift tanpa sentuhan, wastafel toilet tanpa sentuhan, teknologi air disinfection device pada saluran sirkulasi udara yang berfungsi untuk mensterilkan udara di seluruh area interior mal dari virus dan bakteri secara otomatis.

Tak hanya itu, mal ini juga dilengkapi dengan automated UV surface disinfectant pada pegangan eskalator, yang secara otomatis membersihkan pegangan eskalator ketika sabuk pegangan berputar di dalam menggunakan sinar UV.

The Park Sawangan juga telah menerapkan Protokol Pencegahan COVID-19 secara ketat bagi seluruh pengunjung, staff serta tenant, yaitu wajib menggunakan masker selama berada di seluruh area mal, mencuci tangan serta melakukan pengecekan suhu tubuh pada fasilitas yang telah disediakan, dan menjaga jarak aman selama berbelanja.

“Upaya-upaya yang kami lakukan dalam menerapkan protokol pencegahan COVID-19 ini juga disambut baik dan didukung oleh tenant-tenant kami,” ucap Prita

Dirinya menambahkan, sejak hari pertama dibuka, seluruh tenant sudah ikut menerapkan protokol tersebut. Bagi para karyawan dan pelanggan juga dilakukan pengecekan suhu, penyediaan hand sanitizer, melakukan pembatasan jumlah pengunjung di dalam toko, serta mengatur posisi duduk di gerainya agar tetap mematuhi aturan physical distancing.

“The Park Sawangan tentunya akan menjadi destinasi belanja yang lengkap dengan suguhan tenant yang beragam. Salah satu keistimewaan dan keunggulan The Park Sawangan tentunya ada pada tenant yang disesuaikan dengan karakter masyarakat Kota Depok,” kata Prita

Ia pun berharap, The Park Sawangan dianggap memberikan dampak positif yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah, selain membantu penyerapan tenaga kerja, juga meningkatkan pendapatan daerah terutama dari sektor pajak.

“Kami berharap, mall ini tidak hanya sekedar menjadi destinasi berbelanja namun juga memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam membangun kebiasaan baru menjelang masa new normal.”

Depok Magnet Investor

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya menyambut adanya pembangunan tersebut.

“Ini kegembiraan dan apresiasi kami terhadap investor. Tanpa campur tangan mereka, kita tidak bisa mengembangkan Depok secara merata. Dengan pemerataan seperti ini juga akan mengurangi kemacetan,” katanya sesuai meresmikan mal itu tadi siang.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, pihaknya saat ini memang sedang mempopulerkan mal. “Yang jelas dalam pembangunan ekonomi Depok, kita akan gandeng investor bangun fasilitas publik, kita arahkan kepada pengusaha tidak hanya andalkan modal APBD.” (rul/*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here