Tetap Jaga Imun Saat Berduka, Simak 5 Cara yang Sehat Ketika Kehilangan

Ilustrasi sedih. (Istimewa)
Ilustrasi sedih. (Istimewa)

DEPOK – Rasa kehilangan atau berduka menjadi hal yang lumrah dirasakan manusia. Apalagi dimasa pandemi ini, dimana, banyak orang yang kita sayangi pergi untuk selamanya. Namun, jangan sampai rasa kehilangan atau rasa sedih itu membuat kita down hingga sakit.

Dilansir dari Hops.id, dari sudut pandang psikologi, berduka adalah respons alami yang dialami saat kehilangan seseorang atau sesuatu yang mereka anggap penting. Seseorang yang berduka dapat mengalami berbagai macam emosi seperti kesedihan hingga kesendirian.

Sebetulnya, berduka sendiri merupakan proses yang dibutuhkan dan perlu dialami agar bisa mencapai penerimaan. Dengan begitu, seseorang dapat move on dengan kehidupannya.

Baca juga: Bisa Dicoba, Mengatasi Anosmia, Kembalikan Penciuman Penderita COVID

Jangan sampai proses berduka yang yang kita alami berjalan dengan sangat tidak baik. Hingga berujung pada masalah psikologis yang lebih serius seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan psikologis lainnya.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar proses berduka bisa berjalan dengan baik:

1.Beri waktu untuk diri sendiri. Terima lah perasaan apapun yang menghampiri. Perlu diketahui, berduka adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu. Tidak usah terburu-buru.

2.Bicara dengan orang lain. Sisihkan waktu untuk berbincang dengan keluarga atau teman terdekat. Hindari mengurung diri sendiri.

3.Jaga diri dengan baik. Pastikan asupan makan dan waktu tidur tetap cukup. Usahakan untuk juga berolahraga, agar tubuh tetap fit dan tidak drop dalam menghadapi masa sulit.

4.Lakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan/ menenangkan.

5.Cari bantuan profesional terutama jika: Perasaan yang dialami sangat intens dan tidak kunjung membaik untuk waktu yang relatif lama, sulit menjalani kehidupan sehari-hari seperti bekerja atau membersihkan rumah, menyakiti diri atau merasa hidup tidak berharga, serta tidak berhenti menyalahkan diri sendiri. (lala/*)