Terungkap, Inikah Sebab Tuyul Enggan Curi Uang di Bank?

Ilustrasi tuyul dan uang (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tuyul dan uang (Foto: Istimewa)

DepokToday- Salah satu jin atau makhluk astral yang dianggap membuat resah adalah tuyul. Sosoknya yang kerap diidentikan bertubuh kecil dan berkepala plontos itu sering kali dikaitkan dengan kasus hilangnya uang secara misterius.

Pertanyaan klasik yang banyak muncul dibenak publik kemudian, mengapa tuyul tidak menjarah bank saja? Padahal sudah jelas, tempat tersebut terdapat banyak uang.

Nah menanggapi hal tersebut, sejumlah sumber menyebut, bahwa tuyul tak bisa mengambil uang yang terjepit atau terikat sesuatu seperti dihimpit besi, ditali karet, dan sebagainya.

Baca Juga: Dokter Zaidul Punya Tips Mudah untuk Sembuh, Hindari Makanan Ini

Menurut sebagian orang, uang yang diambil tuyul hanya uang yang dalam keadaan bebas atau tak ada benda penahan apapun.

Selain itu, pengetahuan tuyul sangat terbatas jika dibanding manusia. Sehingga saat menemukan mesin ATM, mereka tidak tahu apa isinya dan bagaimana cara mengambil uang dari mesin modern tersebut.

Sumber lain menyebutkan, bahwa tuyul hanya mencuri uang yang jelas kepemilikannya. Makhluk gaib ini tak serakah dan hanya mengambil seperlunya saja.

Baca Juga: Miliki Lemak Tinggi, 5 Makanan Ini Justru Baik Bagi Kesehatan

Sementara itu, menurut salah seorang anak indigo, Risa Saraswati saat berbincang dengan Denny Sumargo di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, bank juga memiliki penjaga gaib.

“Emang di bank nggak ada yang jaga? Jangan salah di gedung-gedung modern itu penjaganya lebih ketat daripada di rumah-rumah biasa,” katanya.

Cara Islam Menangkal Makhluk Gaib

Terpisah, menurut ustad Faizar, cara melindungi harta dan gangguan gaib sebenarnya sangatlah mudah. Yakni cukup dengan membacakan kalimat bismillah, memohon perlindungan pada Allah SWT.

“Kalau misal, uang kita ditutup, di lemari, atau bahkan cuma ditutup tisu aja, dan di situ kita bacakan bismillah, mereka ndak mau untuk buka,” katanya.

Baca Juga: Acap Kali Bermasalah, Imam Budi Bakal Merapihkan Data Masyarakat Miskin di Depok

Melansir polrtaljember.com, kata ustad Faizar yang perlu diperhatikan saat mengucap ‘bismillah’, harus sungguh-sungguh diniatkan kepada Allah SWT agar harta tidak dapat diganggu setan.

“Asalkan kita baca bismillah bukan untuk coba-coba, bukan sekadar formalitas bismillah, tapi kita yakin dengan nama Allah, kita meletakkan tutupan itu supaya tidak bisa diganggu setan, setan ndak akan bisa membukanya,” ujarnya.

Baca Juga: Lima Manusia Silver Terjaring Razia Pol PP Depok Saat Sedang Beroperasi

Menurut dia, tuyul pun sebenarnya merasa bingung untuk mencuri harta yang disimpan disebuah tempat khusus yang aman.

“Kalau pun ditutup rapat, tuyul tu juga kadang bingung, gimana cara bukanya,” ujarnya.

Cikal Bakal Tuyul dan Uang

Dilansir dari wikipedia, dalam mitologi pulau Jawa dan sekitarnya, tuyul adalah makhluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul, yang dipercaya dapat mencuri uang untuk tuannya.

Mitos terkait makhluk gaib itu sudah ada sejak tahun 1890-an, namun istilah tuyul baru muncul sekitar tahun 1929 setelah krisis ekonomi Depresi Besar. Tuyul merupakan mitos yang banyak dipelajari oleh sejarawan karena masih dipercaya oleh masyarakat modern sampai sekarang.

Baca Juga: Prostitusi Online Picu Aksi Biadab Aming Habisi Nyawa Cewek di Cipayung

Sejarawan berpendapat bahwa awalnya tuyul muncul akibat kesenjangan sosial antara kalangan masyarakat yang agraris dengan tuan tanah dan pedagang, dan bantuan makhlus halus dianggap sebagai cara paling mudah untuk menjelaskan segala urusan perniagaan yang semakin rumit bagi rakyat di perdesaan yang masih tradisional. (rul/*)