Terungkap, Ini Penyebab Banjir dan Longsor di Sawangan Depok

Banjir dan longsor melanda Depok pada Minggu 7 November 2021. (Foto: Instagram)
Banjir dan longsor melanda Depok pada Minggu 7 November 2021. (Foto: Instagram)

DepokToday- Hujan deras yang menguyur Kota Depok pada Minggu, 7 November 2021 telah menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah. Salah satu titik yang cukup parah yakni di kawasan Pasir Putih, Sawangan.

Data yang dihimpun menyebutkan, sampai dengan siang ini, banjir masih merendam kawasan tersebut, tepatnya di Jalan Mawar atau Blok Wadas, yang merupakan jalur penghubung antara Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Cipayung.

Adapun ketinggian air saat ini berangsur surut dari sekira 2 meter menjadi sekira 60 cm pada Senin siang, 8 November 2021.

Baca Juga: Ini Data Lokasi Banjir dan Longsor di Depok, Banyak yang Terdampak

Terkait hal itu, Camat Sawangan, Anwar mengungkapkan, kondisi yang terjadi di wilayah itu telah menjadi pembahasan serius dinas terkait.

Bahkan, usai peninjauan tadi pagi, pihaknya akan segera menyampaikan laporan terkait kondisi saat ini pada pihak terkait agar menjadi bahan kajian pemerintah daerah, baik tingkat kota, provinsi maupun pusat.

Menurut dia, banjir yang terjadi di wilayah Pasir Putih ini disebabkan karena faktor curah hujan cukup tinggi. Kondisi tersebut juga menyebabkan kontur tanah labil sehingga menyebabkan longsor.

“Kalau kaitan penyebab dalamnya mungkin harus tanya pada ahlinya yang mempunyai kompetensi dalam keilmuwan itu,” katanya.

Baca Juga: Tokcer, Ini Resep Jitu Zaidul Akbar Hilangkan Pegal dan Kolesterol

Menurut Anwar, kondisi saat ini sudah cukup mendesak untuk dilakukan relokasi pada sejumlah warga yang terdampak. Tercatat, ada sekira 7 Kepala Keluarga (KK) terdampak parah dan harus segera dipindahkan.

“Ini darurat untuk semua pihak segera menangani. Awalnya 3 KK. Nah 3 ini sudah kita upayakan untuk dikontrakkan. Karena semakin jauh, sekarang kita usulkan lagi 7 KK untuk dicarikan kontrakkan. Walaupun sifatnya antisipatif, kita ingin ini dikontrakkan supaya kemanannya lebih terjamin.”

Penyebab Banjir dan Longsor di Pasir Putih Depok

Ketika disinggung soal aliran kali yang bergeser dan menyebabkan banjir hingga tanah longsor, Anwar menyebut hal itu bisa saja terjadi.

“Ini informasi masyarakat. Katanya jalur kali ini bergeser. Warga lebih tau. Kata warga, 1 kilometeran,” ujarnya.

Baca Juga: Ini 5 Ciri-ciri Warung Makan yang Pelihara Jin Penglaris

Longsor di Pasir Putih dekat TPA Cipayung (DepokToday.com)
Longsor di Pasir Putih dekat TPA Cipayung (DepokToday.com)

Yang jelas, persoalan banjir dan tanah longsor di wilayah Pasir Putih, Depok ini adalah masalah besar.

“Saya sudah bicara intensif dengan dinas, dengan Bapeda. Ini sedang simultan sebetulnya penaganannya antara Kota Depok besama provinsi dan nasional.” (rul/*)