Terungkap, Ini Kekuatan Besar di Balik Aksi Berani BEM UI

Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra dan Presiden Jokowi. Foto: Twitter, Setkab
Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra dan Presiden Jokowi. Foto: Twitter, Setkab

DEPOK- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI, yang diketuai Leon Alvinda disinyalir tak berdiri sendiri saat melakukan aksi mengkritik Presiden Jokowi dengan julukan The King of Lip Service. Kuat dugaan ada kekuatan besar di balik sikap mereka.

Dilansir dari Hops.id, jaringan DepokToday.com, hal itu diungkapkan pakar ekonomi Indef Dzulfian Syafrian, yang menduga ada back up kuat di belakang Leon dan BEM UI. Siapa mereka.

Terkait hal itu, Dzulfian lalu menyinggung jika sebenarnya aksi Leon dan BEM bisa dibilang sebagai pemantik mahasiswa FEB UI dan HMI yang sudah lama tertidur. Leon kemudian menjadi simbol yang membangkitkan mereka.

“Sebab FEB UI dan HMI sudah lama absen jadi presiden mahasiswa UI,” kata dia di akun Twitternya, dikutip PADA Rabu 30 Juni 2021.

Dzulfian menyebut, kalau Pemerintah sebenarnya salah mencari lawan. Dia juga menuding kritikan Ade Armando kepada BEM UI sangat dangkal.

Baca Juga: Rektorat Panggil Sejumlah BEM UI Terkait Meme Jokowi

Sebaliknya Dzulfian justru melihat Leon dan gerakan mahasiswa ini memiliki dasar argumentasi kuat sebelum akhirnya berani menyuarakan kritik.

Adapun kekuatan besar itu kemudian dijabarkan olehnya. “Di balik Leon ada banyak mentor yang mumpuni, seperti aktivis dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.”

“Sedikit Bang Ade tahu, kalau Leon ini mentornya banyak,” kata dia.

Bukan cuma itu, ada juga para mentor dari KAHMI HI dan lain sebagainya yang ikut mensupport mereka melakukan aksi tersebut.

Mahasiswa UI ketika berunjuk rasa. Foto: anakui.com
Mahasiswa UI ketika berunjuk rasa. Foto: anakui.com

Akun Diretas

Anggota BEM UI mendapatkan serangan pribadi setelah mengkritik pemerintah dengan menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai “King of Lips Service”.

Serangan yang diterima melalui digital tersebut diakui oleh Leon Alvinda Putra melalui akun twitternya @Leon_Alvinda. Dalam akun tersebut, Leon memposting adanya upaya pihak lain untuk meretas akun Whatsapp pribadinya.

“Saat ini WhatsApp saya tidak bisa dibuka karena sedang diretas. Jika ada pesan dari HP maka bukan saya yang mengirim,” tulis Leon dalam akun twitternya yang diunggah pada Senin 28 Juni 2021 pukul 11.04. Baca selengkapnya di sini: Juluki Jokowi King of Lips Service, Akun Pribadi Anggota BEM UI Diretas. (rul/*)