Terpopuler DepokToday, 30 Oktober 2021: Gatot Nurmantyo Banting HP, Tuyul Pesugihan di Era Digital

Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (DepokToday.com)
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. (DepokToday.com)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Pertama, Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo membanting hp di depan politisi Partai Nasdem Akbar Faizal.

Terpopuler kedua, era digital bukan tidak mungkin masyarakat meninggalkan dunia hitam, tuyul pesugihan masih saja digandrungi, ini cara mengenali pemilknya.

Selanjutnya, Korea Selatan sepakat membantu Indonesia dalam upaya pemindahan ibu kota.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Sabtu:

1. Gatot Nurmantyo Banting HP Dihadapan Politisi Nasdem, Serius Banget

Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo kembali jadi sorotan publik usai melakukan aksi banting handphone di depan politisi Partai Nasdem Akbar Faizal. Lantas apa masalah?

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com momen tersebut terjadi ketika Gatot diundang dalam saluran YouTube Akbar Faizal yang tayang pada Kamis 28 Oktober 2021. Ketika itu, Gatot disinggung soal bela negara dan jati diri TNI.

Kata Gatot Nurmantyo, TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat, untuk dan oleh rakyat. Tak lama, Gatot pun langsung membanting HP-nya yang diletakkan persis di sebelahnya. Sebelum membanting, Gatot sempat bertanya pada Akbar.

“Bung Akbar, ini HP saya, saya banting, boleh enggak?,” tanya Gatot Nurmantyo. Akbar langsung menjawabnya. “Boleh,” katanya dengan tampang serius dikutip pada Jumat 29 Oktober 2021.

“Karena milik saya kan,” ucap Gatot yang langsung membanting, dan keduanya segera bergegas memungut kembali HP itu.

Tak lama kemudian, Gatot Nurmantyo dan Akbar pun kembali mencair setelah menyebutkan bahwa itu adalah ilustrasi. “Ini bukan HP beneran kok, saya lihat Anda serius banget,” tutur Gatot seraya tertawa.

Tak lama Akbar Faizal pun langsung kembali cair dan ikutan tertawa. “Saya coba ikut meresapi apa yang disampaikan oleh mantan Panglima,” katanya.

Gatot melanjutkan bahwa itulah yang terjadi, sebab berpikir bahwa rakyat milik presiden.

“Berarti rakyat juga milik polisi, rakyat juga milik kehakiman, rakyat juga milik tentara, berarti kapan pun dibuang, mau disakiti mau dibunuh itu rakyat,” tegasnya.

2. Ini Ciri-ciri Majikan Tuyul, Pelaku Pesugihan di Era Digital

Masyarakat Indonesia cukup akrab dengan berbagai mitos, utamanya soalnya keberadaan makhluk gaib, seperti tuyul. Konon, sosok gaib tersebut dipelihara oleh pelaku pesugihan untuk meraup harta dengan cara instan dan tentu saja tidak halal.

Lantas seperti apakah ciri-ciri orang yang melakukan ritual sesat tersebut?

Ya, meski di zaman modern saat ini, nyatanya masyarakat Indonesia masih saja ada yang percaya dengan praktik gaib pesugihan. Salah satunya yang sampai sekarang tetap dibicarakan adalah dengan cara memanfaatkan tuyul.

Makhluk gaib itu digambarkan berwujud anak-anak dan berkepala plontos. Ada juga yang percaya sosok tuyul itu berbulu, hingga agak berlendir dengan gigi yang runcing.

Meski hanya mitos belaka, namun bagi sebagian orang tuyul memang kerap meresahkan masyarakat lantaran lihai dalam mengambil dan mencuri uang.

Percaya atau tidak, tuyul kerap melancarkan aksinya di waktu-waktu tertentu. Biasanya kehadiran tuyul ditandai dengan uang di rumah kamu hilang begitu saja secara misterius, namun tak diambil semuanya alias menyisakan sejumah uang tertentu.

Menghimpun dari berbagai sumber dan saluran YouTube Esa Production, berikuit ciri-ciri dan tanda orang punya tuyul pesugihan:

1. Jalannya Membungkuk dan Melipat Tangan ke Belakang

Berdasarkan mitosnya, ketika seseorang berjalan cenderung membungkuk dan melipat kedua tangan ke arah belakang seperti sedang menggendong sesuatu, maka itu merupakan tanda jika orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Setiap diamati, orang tersebut pun selalu berjalan dengan gestur tubuh seperti itu, dan untuk mengantisipasinya, lebih baik ketika orang tersebut sudah lewat di depan kita, ada baiknya jika kita menunjukkan kepalan tangan di belakangnya.

2. Punya Ruangan Khusus

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah memiliki ruangan atau kamar khusus, dan di dalam ruangan atau kamar khusus tersebut terdapat banyak bunga serta alat-alat ritual.

Ruangan atau kamar khusus itu sengaja di rancang untuk tempat istirahat daripada tuyul. Bunga beserta alat-alat ritual pun sengaja di tempatkan pada ruangan itu sebagai sesembahan atau santapan harian kepada tuyul.

3. Makan Sering Tidak Habis

Orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya kalau makan cenderung tidak habis atau gampang kenyang.

Tampak sepele memang, tapi dibalik itu semua, sisa daripada makanan yang tidak habis tersebut, justru akan dilahap oleh tuyul.

4. Sering Berjalan Keliling Perumahan

Selanjutnya, tanda dan ciri orang yang melakukan pesugihan tuyul biasanya seseorang yang sering berjalan sendirian di tempat keramaian atau sengaja keliling perumahan dengan gestur tubuh membungkuk, biasanya merupakan tanda dari orang yang mempunyai pesugihan tuyul.

Selain berjalan sendirian guna mengamati lingkungan yang akan dijadikan sasaran empuk, orang tersebut pun bisa sambil berkendara menggunakan motor atau mobil miliknya.

Biasanya tuyul itu pun akan di taruh di samping majikannya, dan jika sudah selesai berkendara, tuyul itu akan kembali menempel di punggung atau bermanja pada bahu majikannya.

5. Setiap Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon Melakukan Ritual

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah rutin melakukan ritual setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Ritual pada waktu tertentu itu, biasanya dimanfaatkan oleh orang tersebut untuk memandikan tuyul dengan darah ayam Cemani yang segar.

Diduga penampakan tuyul yang dijadikan alat pesugihan (Foto: Istimewa)
Diduga penampakan tuyul yang dijadikan alat pesugihan (Foto: Istimewa)

6. Istrinya Cenderung Pucat dan Kurus

Apabila seseorang yang mempunyai pesugihan tuyul sudah berkeluarga, maka biasanya raut wajah serta perawakan istrinya cenderung pucat dan kurus.

Hal tersebut disebabkan oleh perilaku tuyul yang kerap meminta jatah ‘susu’ kepada istri majikannya sebelum berangkat bekerja atau mengambil uang daripada hasil curian.

7. Pelit dan Perhitungan

Ciri orang pesugihan tuyul lainnya, mendapati tanda seseorang cenderung pelit dan perhitungan, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

8. Lebih Suka Menyendiri

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul lainnya juga bisa terlihat dari hubungannya dengan tetangga serta lingkungan sekitar.

Sebab orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung tertutup, suka menyendiri, dan tidak pernah bersosialisasi.

9. Tak Pernah Sedekah

Berdasarkan kisah masyarakat, apabila seseorang anti bersedekah harta, maka dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Sebab, bersedekah harta merupakan pantangan. Energi daripada tuyul pun perlahan bisa hilang atau lenyap, jika tanpa disengaja melakukan aktivitas sosial, yaitu bersedekah harta.

10. Tak Punya Pekerjaan, Tapi Kaya

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul juga bisa terlihat dari gaya hidupnya yang hedon. Bisa membeli apa-apa bahkan membangun rumah megah.

Padahal jika diamati dan ditelusuri, orang tersebut tidak memiliki pekerjaan yang tetap, dan memiliki riwayat hidup dari kalangan kurang mampu.

11. Malas Beribadah

Menurut primbon Jawa, orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung malas beribadah.

Padahal sebelum mempunyai tuyul, orang tersebut dikenal rajin serta selalu menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar.

12. Suka Keluar Rumah Malam Hari

Banyak orang mempercayai, majikan alias orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya suka keluar rumah pada malam hari. Hal tersebut dipercaya dilakukannya, guna memastikan kembali keadaan sekitar.

13. Suka Buka Satu Kancing Baju

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, tanda orang yang mempunyai tuyul selanjutnya bisa terlihat dari penampilan istri dari sang pemilik tuyul.

Biasanya, istri dari pemilik pesugihan tuyul tersebut sengaja membuka satu kancing baju di tempat umum, agar tidak ribet memberikan ‘susu’ kepada tuyul peliharaannya.

14. Perawakannya Kurus dan Pucat

Ciri lainnya, bukan hanya istrinya saja yang terlihat pucat dan kurus, tapi perawakan daripada pemilik pesugihan tuyul tersebut pun tampak pucat dan cenderung kurus.

Hal itu disebabkan karena energi dari pemilik tuyul yang selalu terkuras, sehingga berdampak pada perawakannya.

15. Anaknya Jadi Tumbal

Terakhir, orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya akan menjadikan anaknya yang masih bayi atau paling kecil menjadi tumbal.

3. Makin Lengket, Presiden Korsel dan Jokowi Sepakat Bangun Ibu Kota Baru

Hubungan dekat antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in akhir-akhir ini banyak menyita perhatian publik. Terkait hal tersebut, kedua pimpinan negara itu rupanya telah menyepakati berbagai bentuk kerja sama.

Melansir Kompas.com, salah satu kesepakatan itu bahkan sampai ke ranah pemindahan ibu kota negeri ini loh. Pertemuan khusus yang membahas hal tersebut sempat berlangsung di Westin Chosun Hotel, Busan, pada Senin 25 November 2019, lalu.

Seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana, pertemuan ini dilakukan di sela-sela pelaksanaan ASEAN-Republic of Korea (RoK) Summit.

Presiden Korsel, Moon dalam pertemuan itu menawarkan kerja sama dalam pemindahan ibu kota negara RI.

“Saya mengerti pemindahan ibu kota merupakan tugas dan fokus pemerintahan di periode kedua ini,” kata Moon dikutip pada Jumat 29 Oktober 2021.

Seperti diketahui, ibu kota RI akan dipindah dari Jakarta ke Penajam Passer Utara-Kutar Kartanegara, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan pelaksanaan PPKM Darurat melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis 1 Juli 2021. (Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan pelaksanaan PPKM Darurat melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis 1 Juli 2021. (Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)

Proses groundbreaking ibu kota baru rencananya dilakukan tahun depan. Presiden Jokowi menanggapi positif tawaran kerja sama teknis pembangunan ibu kota baru Indonesia itu.

“Saya harapkan kerja sama tersebut dapat mengembangkan ibu kota Indonesia baru yang smart, green, safe, inclusive dan resilient,” tutur Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyambut baik peningkatan kerja sama ekonomi bersama Korea Selatan, terutama menghadapi situasi ekonomi dunia seperti saat ini.

“Di tengah situasi sulit seperti ini, upaya memperkuat kerja sama diantara kita menjadi lebih penting artinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyambut selesainya perundingan Indonesia-Korea Selatan Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA).

“Saya harap dokumen ini ditandatangani pada awal 2020. IK-CEPA adalah simbol komitmen kedua negara bagi keterbukaan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Presiden Korsel juga menyambut baik segera ditandatanganinya IK CEPA. Ia optomis, kerja sama kedua negara pasti akan meningkat.