Terpopuler DepokToday, 27 Oktober 2021: Sumber Senjata KKB dan OPM, Presiden Korea Bayari Belanjaan Jokowi

Senjata OPM (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Rabu sore, 27 Oktober 2021. Pertama, pasokan senjata yang dimiliki KKB dan OPM rupanya diperoleh dari empat sumber.

Terpopuler kedua, Presiden Jokowi tiba-tiba kaget saat Presiden Korea Moon Jae-in membuka dompet dan hendak membayarkan belanjaannya.

Selanjutnya, buaya kali PIK sedang mencari mangsa disekitar kali yang berada di pesisir utara Jakarta tersebut.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Rabu sore:

1. Jangan Kaget, Ini 4 Sumber Pasokan Senjata KKB dan OPM

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hemawan Sulistyo mengungkap sejumlah fakta mencengangkan terkait pasokan senjata api berikut amunisi yang digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Organisasi Papua Merdeka atau OPM.

Melansir Bisnis.com, ada beberapa kemungkinan, yang pertama KKB dan OPM mendapat suplai atau pasokan senjata api dari pasar gelap internasional.

Kemungkinan kedua adalah, KKB dan OPM mendapatkannya dari pihak-pihak tertentu di luar negeri, terutama di negara Filipina Selatan.

“Ada juga bom, TNT serta senjata organiknya polisi dan tentara Filipina Selatan,” jelas Hermawan dikutip pada Selasa 26 Oktober 2021.

Indikasi ketiga, senjata api tersebut berasal dari negara Australia dan Papua New Guinea (PNG). Menurutnya, negara tersebut seringkali mengirimkan senjata api untuk para separatis ini.

“Terakhir, mereka mendapatkan senjata api itu dari aksi penyerbuan ke pos TNI dan Polri,” ujarnya.

Lebih lanjut Hermawan mengatakan, biasanya OPM dan KKB memastikan ada atau tidaknya senjata api di pos TNI dan Polri. Setelah dipastikan ada senjata api, barulah mereka melakukan penyerbuan.

“Jadi kalau nyerbu, yang dipastikan itu ada atau tidak senjata di sana. Kalau amunisinya gampang mereka itu. Yang penting ada senjatanya dulu yang direbut,” tuturnya.

Seperti diketahui, hingga kini aparat TNI-Polri masih terlibat perang sengit dengan kelompok OPM. Peristiwa itu telah menyebabkan beberapa orang tewas serta banyak warga yang mengungsi.

2. Ketika Presiden Korea Buka Dompet Bayarin Belanjaan Jokowi

Sebagai seorang Presiden, aktivitas Joko Widodo (Jokowi) tentu menarik perhatian publik. Dalam artikel DepokToday.com, salah satu yang paling banyak dibaca adalah ketika orang nomor satu di Indonesia ini berkunjung ke Korea Selatan.

Kala itu, Presiden Jokowi didampingi ibu negara, Iriana Jokowi, berkunjung ke salah satu perguruan tinggi di sana. Kedatangan Presiden Jokowi rupanya disambut antusias para mahasiswa.

Tak hanya itu, momen lain yang juga banyak mencuri perhatian publik adalah ketika Jokowi bersama Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, “blusukan” ke sebuah pusat perbelanjaan di Dongdaemun, Seoul pada September 2018, lalu.

Presiden Jokowi ditraktir Presiden Korea (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi ditraktir Presiden Korea (Foto: Istimewa)

“Saya pernah mengajak Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in blusukan ke mal di Bogor, saat beliau berkunjung ke Indonesia pada bulan November 2017. Kini, giliran saya dan Ibu Negara yang diajak blusukan oleh Presiden Moon di Seoul, Korea Selatan,” tulis Jokowi di akun medsos pribadinya dikutip DepokToday.com pada Rabu 27 Oktober 2021

Melansir dream.co.id, ajakan blusukan itu ditawarkan Moon Jae-ini setelah kegiatan makan malam di Blue House.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengatakan kawasan ini mirip dengan Tanah Abang di Jakarta. Ada 30 ribu toko lebih di dalam pusat perbelanjaan ini.

“Hampir sejam lamanya, kami berkeliling, menyambangi beberapa kios, melihat-lihat pakaian, seperti kemeja, jas, dan blazer,” tulis dia.

Dalam video di channel YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI, Jokowi dan Moon Jae-in terlihat melihat-lihat baju di pusat perbelanjaan ini. Begitu pula dengan Iriana dan Kim Jung-sook.

Peristiwa unik terjadi kala seorang ajudan Jokowi hendak membayar pakaian yang dipesan atasannya itu. Dengan cekatan Moon Jae-in segera melarang ajudan tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan ibu negara Korea selatan yang mendampingi Iriana berbelanja.

Tak disangka, Moon Jae-in langsung mengeluarkan dompet dan menyerahkan sejumlah uang untuk membayar baju pesanan tamu negaranya itu. Tak hanya itu, dia juga membelikan baju untuk anak-anak Jokowi.

3. Awas, Buaya Besar Penunggu Kali PIK Lagi Cari Mangsa

Akhir-akhir ini sejumlah warga diresahkan dengan munculnya seekor buaya sepanjang lebih dari empat meter di Kali Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara.

Kemunculan buaya besar itu sempat terekam kamera warga setempat yang sedang memancing ikan di kali tersebut pada Minggu, 19 September 2021. Menurut penuturan sejumlah saksi, buaya ini biasanya muncul ketika sore dan petang hari.

Warga khawatir binatang buas itu memangsa mereka. Dilansir dari tribunnews.com, berdasarkan video yang beredar, buaya itu berenang dengan cepat menyusuri kali dan hanya terlihat bagian kepalanya.

Ilustrasi buaya Kali PIK (Foto: Istimewa)
Ilustrasi buaya Kali PIK (Foto: Istimewa)

Menurut salah seorang warga setempat, Jekmidi, kemunculan buaya sudah terlihat sejak dua pekan ini.

“Hampir setiap hari, kalau pagi sekitar jam 10.00 WIB-11.00 WIB. Kalau sore, jam 16:00 WIB sampai 17:30 WIB dia penampakan,” katanya dikutip pada Selasa 21 September 2021.

Warga mengaku belum tahu dari mana asal buaya tersebut.Yang jelas, kehadiran hewan karnivora itu bikin para pemancing resah. Diduga, buaya itu hendak mencari makan di Kali PIK imbas dari habitatnya kini yang semakin sempit.

Menurut keterangan sejumlah saksi, buaya di Kali PIK itu diperkirakan memiliki panjang empat meter.

Karena ukurannya yang cukup besar, warga pun meminta bantuan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta. Mereka berharap, petugas segera bertindak mengevakuasi binatang buas itu agar tidak menimbulkan korban jiwa.