Terpopuler DepokToday, 20 Oktober 2021: Mahasiswa Korea Histeris Dengan Jokowi, McDanny Jadi Incaran

Presiden Jokowi diserbu sejumlah mahasiswa Korea Selatan yang ingin foto bersama. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi diserbu sejumlah mahasiswa Korea Selatan yang ingin foto bersama. (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Rabu pagi, 20 Oktober 2021. Pertama, mahasiswa Korea dibuat histeris dengan kehadiran Presiden Joko Widodo alias Jokowi mendatangi kampusnya.

Terpopuler kedua, komika McDanny menjadi incaran masyarakat setelah video unggahannya viral di media sosial yang menghina Habib Rizieq.

Selanjutnya, kolesterol tinggi memiliki dampak yang berbahaya jika tidak diketahui secara dini. Bukan hanya gejala umum seperti pusing dan sakit kepala, kolesterol rupanya bisa menyerang kaki.

Baca Juga: Pengurus Partai Ummat Daerah Ramai-ramai Cabut, Ini Respon Amien Rais

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Rabu pagi:

1. Gaya Sederhana Presiden Jokowi Bikin Mahasiswa Korea Histeris

Sosok sederhana Presiden Joko Widodo ternyata telah santer terdengar di sejumlah penjuru dunia. Terbukti, ketika hadir di salah satu kampus ternama di Korea Selatan, pria yang akrab disapa Jokowi ini sukses menyita perhatian para mahasiswa di sana.

Saking antusiasnya, bahkan banyak yang berebut ingin foto bersama orang nomor satu di Indonesia tersebut. Hal itu terlihat dalam sebuah tayangan akun YouTube Bandung Oppa yang dikutip DepokToday.com pada Senin 18 Oktober 2021.

Kala itu, Presiden Jokowi bersama sang istri, Iriana Jokowi mengunjungi Kampus Hankuk University of Foreign Studie, di Korea Selatan pada Rabu 12 September 2018, lalu.

Presiden Jokowi diserbu sejumlah mahasiswa Korea Selatan yang ingin foto bersama. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi diserbu sejumlah mahasiswa Korea Selatan yang ingin foto bersama. (Foto: Istimewa)

Kehadiran Jokowi dan ibu negara ini mendapat respon hangat para mahasiswa. Rata-rata, mereka yang hadir dalam kuliah umum Jokowi kali ini adalah mahasiswa jurusan bahasa Indonesia.

Dalam video tersebut, salah seorang dosen mengatakan, bahwa bahasa Indonesia sudah lebih dari 50 tahun dipelajari di kampus tersebut.

“Selamat siang, annyeong haseyo (apa kabar),” kata Jokowi mengawali sambutannya saat memulai kuliah umum.

Sejumlah tamu yang hadir langsung bertepuk tangan sambil tertawa mendengar gaya bahasa Jokowi yang menyapa menggunakan bahasa Korea Selatan.

“Kalau salah mohon maaf,” timpalnya kembali disambut tawa sejumlah mahasiswa.

Menurut perekam video, selama mengisi mata kuliah umum, Jokowi kerap bercanda dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami mahasiwa.

Usai memberi paparan, diakhir acara Jokowi rupanya mendapat hadiah berupa jaket khas kampus tersebut. Menariknya, ia langsung menanggalkan jas yang dikenakan, menggantinya dengan jaket berwarna biru itu.

“Wow Bapak Jokowi sederhana sekali, terimakasih pak,” kata sejumlah orang dalam rekaman video tersebut.

Jaket berwarna biru gelap dan lengan putih dengan huruf H tersebut dikenakannya di atas podium.

Selain itu, di lengan kirinya juga terdapat lambang bendera Indonesia, mendampingi logo universitas yang terlihat di lengan kanannya. Sebelum pergi meninggalkan kampus tersebut, banyak yang berebut ingin foto dengan sang Presiden RI tersebut.

2. Komika McDanny Jadi Incaran Usai Hina Habib Rizieq dan Wanita Berhijab

Seorang komika bernama McDanny jadi sorotan setelah dia dalam sebuah video menghina Habib Rizieq. Tingkah pria tersebut langsung direspon Tokoh PA 212, Novel Bamukmin. Menurutnya, Mc Danny terpapar paham komunis gaya baru.

“Si McDanny bukan lagi menghina IB HRS sebagai ulama, akan tetapi juga sudah menghina hijab dan menghina syariat berkenaan dengan miras yang dihalalkan oleh si McDanny,” kata Novel dalam keterangannya kepada Hops.id, jaringan DepokToday.com, Senin 18 Oktober 2021.

“Dengan begitu telah jelas bahwa McDanny sudah diduga kuat terpapar komunis gaya baru yang memang salah satu tujuan utamanya menghina ulama dan agama,” sambungnya.

McDanny (Foto: Istimewa)
McDanny (Foto: Istimewa)

Terkait hal itu, Novel juga sempat mengorek jejak pria bernama lengkap Dani Jaya Wardhana tersebut. Menurutnya dia pengguna narkoba. Tapi Cawapres dari PA 212 ini berharap, jangan jadikan pencandu narkoba sebagai alasan pemakluman atas dasar penista agama.

Sebab faktanya, Novel mengingatkan, banyak kok penista agama yang bukan pengguna narkoba.

“Para penghina agama kebanyakan bukan pencandu narkoba seperti Ahok, Sukmawati, Viktor Laiskodat, Ade Armando, Abu Janda bahkan seorang Gus Muwafiq dengan dalil agama malah menghina nabi,” kata dia mengingatkan McDanny.

Komika McDanny ramai menuai kontroversi pasca viralnya video dirinya menghina Habib Rizieq. Dalam video singkat tersebut, McDanny mengatakan, “Dan thank you banget untuk cewek cewek yang berkerudung di sini tapi lu asyik banget. Kita ketemu di neraka. F*ck Habib Rizieq.”

Sekjen Mualaf Center Indonesia, Hanny Kristianto, pun ikut mengecam aksi McDanny. Ia menyebut apa yang dilakukan McDanny adalah termasuk ‘bencana lidah’ yang berbahaya.

Hanny juga tak sependapat dengan ucapan Danny yang menghina Habib Rizieq hingga menyebut perempuan berhijab masuk neraka.

Tak berhenti sampai di situ, Hanny Kristianto bahkan mengaku timnya sudah mencoba untuk menemui McDanny di kediamannya di Apartemen Kalibata City.

Namun, yang bersangkutan telah pindah dari alamat tersebut. Hanny pun mengungkit masa lalu Danny yang pernah menggunakan narkotika.

Hanny Kristianto juga memberikan nasihat kepada Danny. Dengan menyertakan potongan hadis, Hanny menuturkan bahwa seseorang harus lebih berhati-hati dalam berbicara.

“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya. HR. Muslim. Seorang mukmin itu ialah menyedikitkan perkataan dan memperbanyak amal. Adapun orang munafik, ia  memperbanyak perkataan dan menyedikitkan amal,” ucap Hanny.

3. Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Muncul di Kaki, Begini Ciri-cirinya

Umumnya gejala kolesterol tinggi hanya pusing dan sakit kepala, namun tahukah anda masalah pada kaki justru menjadi tanda-tanda yang perlu diwaspadai.

Kolesterol yang tak larut dalam air berbentuk seperti lilin maupun lemak. Adapun, kolesterol diangkut ke berbagai bagian tubuh melalui partikel yang disebut lipoprotein, yang memiliki protein spesifik di permukaannya.

Ketika kolesterol bergabung dengan lipoprotein dengan kandungan lemak tinggi dan protein rendah membentuk Low-density lipoprotein (LDL), maka bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Masalah ini muncul ketika asupan yang masuk ke tubuh justru kaya akan makanan berlemak yang tak sehat.

Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)
Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)

Masalah makin menjadi-jadi bila kamu malas bergerak. LDL mulai menumpuk di arteri, menghalangi, dan menyempitkan aliran darah, yang seiring waktu dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Hal yang membuat kolesterol menakutkan adalah saat gejala muncul ketika mencapai tahapan yang serius.

Satu-satunya cara untuk mencegahnya yaitu dengan cek kolesterol dalam darah secara rutin. Apalagi, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat membuat gangguan pada tendon achilles, otot yang menghubungkan tumit dengan betis. Simak tanda gejala kolesterol yang bisa dilihat dari kaki seperti dilansir dari Times of India.

Penyumbatan arteri di kaki menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh paling bawah. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan lelah.

Pada orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan rasa terbakar pada bagian tubuh bawah. Selain itu, rasa sakit pada paha dan betis juga sering terjadi. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

Keram kaki berkelanjutan terutama saat tidur merupakan gejala umum untuk kolesterol tinggi. Gejala ini dirasakan sering kali pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki.

Hal ini makin parah saat tidur di malam hari. Menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakan keram karena akan membantu darah mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi.

Kurangnya aliran darah dapat membuat perubahan pada warna kulit maupun kuku. Sel yang berada di daerah tersebut tak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah. Tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat.

Saat merasa kedinginan, wajar bila kaki juga terasa dingin. Pada hawa dan cuaca yang panas, bila seseorang kakinya terasa dingin saat disentuh, hal itu dapat menjadi tanda kadar kolesterol sedang naik.

Jangan anggap enteng masalah ini karena dapat menjadi penyakit arteri perifer (PAD) yang disebabkan karena penyempitan arteri menuju kaki. Imbangi gaya hidup sehat dengan olahraga rutin agar aliran darah tetap lancar dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.