Terpopuler DepokToday, 20 November 2021: Greysia Polii Menang, Ganda Putra Masuk Semifinal Indonesia Master 2021

Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Indonesia Master 2021.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)
Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Indonesia Master 2021.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Sabtu sore, 20 November 2021. Pertama, ganda putri Greysia Polii – Apriyani Rahayu menang dua game langsung dalam pertandingan Indonesia Master 2021.

Terpopuler kedua, Ganda putra amankan tempat menuju semifinal pada pertandingan Indonesia Master 2021.

Selanjutnya, Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa segera dimulai, simak alur pengundiannya.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Sabtu sore:

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu Menang Dua Game Langsung

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang dua game langsung melawan Clara Azumendi/Beatriz Corrales di babak 16 Besar Indonesia Master 2021, Rabu 18 November 2021.

Greys/Apri, pasangan ganda putri Indonesia, itu mengalahkan Clara/Beatriz dari Spanyol dengan skor 21-17 dan 21-9 di Bali Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Berkat kemenangan itu, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini melaju ke babak delapan besar. Greys/Apri adalah satu-satunya wakil Indonesia di babak perempat final.

Di babak tersebut, Greys/Apri akan menghadapi pasangan ganda putri Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai.

Puttita/Sapsiree lolos ke babak delapan besar setelah mengalahkan pasangan ganda putri Jepang, Mayu Matsumoto/Ayako Sakuramoto tiga game, 21-13, 15-21, 21-16.

Pertandingan Greys/Apri vs Puttita/Sapairee berlangsung hari Jumat, 19 November 2021. Pemenang laga ini bakal melangkah ke babak semifinal.

“Kita baru main ya, terus masih menyesuaikan lapangan juga. Pertama kita coba lapangan itu ada angin, kalau sekarang tuh enggak ada. Jadi ada perbedaan lah dan shuttlecock nya juga,” kata Apriyani Rahayu dikutip dari akun twitter Badminton Indonesia.

“Tetapi dengan konsentrasi dan komunikasi antara pelatih dan Kak Greys, jadi ya udah kita main sesuai dengan apa yang dibutuhkan di lapangan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Greysia Polii, merasa bersyukur atas kemenangan ini.

“Sebenarnya bersyukur juga sih kemarin habis dari Denmark itu langsung memutuskan untuk pulang dan memang enggak ikut pertandingan juga kan, jadi ada waktu untuk rehat sejenak. Ada waktu rehat untuk bukan secara teknik ya fisik, tapi secara pikiran sehingga kita di sini untuk pertandingan Indonesia Master kali ini ingin tampil lebih siap,” ulas Greys.

Greys berharap apa yang telah disiapkan dapat sesuai di lapangan. “Ada motivasi tersendiri yang kita kejar di sini, yang terbaik,” paparnya.

Wakil Indonesia lainnya, masih di ganda putri, Fitriani/Yulia Yosephine Susanto gugur di babak perdelapan besar usai kalah dari pasangan Malaysia, Tan Pearly/Thinaah Muralitharan.

Fitriani/Yulia dibungkam dua game langsung masing-masing dengan skor 15-21 dan 20-22. Sebelumnya pasangan ini menang walk out atas pasangan ganda putri dari Indonesia juga, Febby Valencia Dwijayanti Gani/Jesita Putri Miantoro.

2. Indonesia Master 2021: Ganda Putra Segel Tempat di Semifinal

Indonesia sudah menyegel satu tempat di babak semifinal Indonesia Master 2021 yang berlangsung di Bali Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Meski babak perempat final baru akan dipertandingkan siang ini pukul 13:00 WITA atau 12:00 WIB, Indonesia sudah mengamankan satu tiket semifinal dari pasangan ganda putra.

Hal ini karena salah satu pertandingan perempat final ganda putra mempertemukan pasangan sesama dari Indonesia.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan berhadapan dengan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pemenang laga tersebut akan melaju ke babak semifinal.

Selain di ganda putra, Indonesia juga memiliki peluang lolos ke semifinal dari pasangan ganda putri dan ganda campuran.

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang mengalahkan Clara/Beatriz dari Spanyol dengan skor 21-17 dan 21-9 di babak perdelapan final, kemarin, akan meladeni ganda putri Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai.

Di ganda campuran, Indonesia masih punya harapan melalui pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Mereka akan berhadapan dengan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)

Indonesia dipastikan tidak dapat meraih gelar juara pada nomor tunggal putra dan tunggal putri lantaran sejumlah pebulu tangkis Tanah Air berguguran di babak perdelapan final.

Di tunggal putra, Indonesia gagal ke perempat final setelah Sheshar Hiren Rhustavito kalah dari tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, dua game langsung 21-14, 21-9.

Kunlavut Vitidsarn adalah pebulu tangkis yang mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di babak 32 besar atau ronde pertama.

Jonatan Christie juga gagal ke perempat final setelah tumbang tiga game melawan tunggal putra India, Kidambi Srikanth. Jonatan kalah dengan skor 13-21, 21-18, 21-15.

Di tunggal putri, empat wakil Indonesia langsung gugur di babak 32 besar. Ruselli Hartawan dikalahkan tunggal nomor 1 Jepang, Akane Yamaguci dua game langsung 21-12, 21-14.

Fitriani tumbang dari tunggal putri Spanyol, Clara Azurmendi dua game langsung 21-18, 21-14.

Gregoria Marisa Tunjung tumbang dari tunggal putri Jepang, Sayaka Takahashi, dengan skor akhir 21-18, 11-21, 22-20.

Terakhir, Yulia Yosephine Susanto, kalah dari tunggal putri Thailand, Phittayaporn Chaiwan, 21-9, 21-19.

3. Begini Alur Undian Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Undian babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan diadakan di Zurich, Swiss, pada hari Jumat 26 November 2021 waktu setempat.

Tiga slot Eropa untuk Piala Dunia FIFA 2022 yang tidak dialokasikan pada akhir babak penyisihan grup kompetisi pendahuluan akan diputuskan melalui turnamen play-off 12 tim.

Sepuluh runner-up dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa bergabung dengan dua tim tambahan yang dipilih berdasarkan peringkat keseluruhan UEFA Nations League 2020/21: Austria dan Republik Ceko.

Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)
Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)

Secara khusus, tempat-tempat ini diberikan kepada dua pemenang grup UEFA Nations League dengan peringkat terbaik yang tidak lolos langsung ke turnamen final sebagai juara grup kualifikasi Eropa, atau sudah memasuki babak play off sebagai runner-up grup kualifikasi Eropa.

Enam runner-up dengan peringkat terbaik dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa dialokasikan ke Pot 1, dan akan memainkan semifinal play-off mereka di kandang. Enam tim yang tersisa akan dialokasikan ke Pot 2.

Untuk menentukan enam runner-up terbaik yang dialokasikan ke Pot 1, pertama-tama hasil runner-up grup melawan tim di tempat keenam (untuk grup dengan enam tim) dibuang dan kemudian kriteria berikut diterapkan dalam urutan yang diberikan:

A. jumlah poin yang lebih tinggi

B. unggul selisih gol

C. jumlah gol yang lebih banyak dicetak

D. jumlah gol tandang yang lebih banyak dicetak

E. jumlah kemenangan yang lebih tinggi

F. jumlah kemenangan tandang yang lebih tinggi

G. total poin disiplin yang lebih rendah hanya berdasarkan kartu kuning dan kartu merah yang diterima oleh pemain dan ofisial tim (kartu merah = tiga poin, kartu kuning = satu poin, kartu kuning untuk dua kartu kuning dalam satu pertandingan = tiga poin)

H. daftar akses untuk UEFA Nations League 2020/2021.

Pengundian akan dimulai dengan mengalokasikan enam tim dengan peringkat terbaik, yaitu tim dari Pot 1, ke semifinal 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 masing-masing sebagai tim tuan rumah.

Tim pertama yang ditarik akan menempati posisi tuan rumah di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai pot dikosongkan.

Pengundian kemudian akan dilanjutkan untuk mengalokasikan tim dari Pot 2 ke pasangan semifinal satu per satu.

Tim pertama yang diambil dari Pot 2 akan menempati posisi tandang di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai semua pasangan semifinal ditentukan.

Semifinal 1 dan 2 berada di jalur Play-off A, semifinal 3 dan 4 membentuk jalur B dan semi final 5 dan 6 merupakan jalur C.

Untuk menentukan pemenang semifinal mana yang akan bermain di kandang di final, undian tambahan akan diadakan untuk setiap jalur.

Pertandingan semifinal play-off dihelat pada Kamis 24 Maret 2022. Untuk final play-off digelar pada Selasa 29 Maret 2022.

Piala Dunia 2022 di Qatar adalah pertama kali yang tidak diadakan pada bulan Mei, Juni atau Juli.

Turnamen di tanah Arab itu dijadwalkan berlangsung pada 21 November dan 18 Desember 2022. Undian putaran final diperkirakan akan diadakan pada April 2022.