Terpopuler DepokToday, 2 November 2021: Jalur Senjata KKB Digempur, Markas KKB Papua Dikepung

Pasukan kalajengking hitam yang diturunkan cegat pasokan senjata KKB (Foto: Istimewa)
Pasukan kalajengking hitam yang diturunkan cegat pasokan senjata KKB (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Selasa sore, 2 November 2021. Pertama, pasukan TNI dari korps Kalajengking Hitam gempur jalur senjata KKB.

Terpopuler kedua, aparat gabungan TNI-Polri mengepung markas KKB Papua di Intan Jaya.

Selanjutnya, Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti memberikan dukungannya terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang digadang gadang maju dalam Pilpres 2024.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Selasa sore:

1. Gempur Jalur Senjata KKB, TNI Turunkan Kalajengking Hitam

Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB kembali membuat ulah di Papua. Bahkan belum lama ini, mereka membakar sebuah mobil tangki, ambulans, hingga sebuah bangunan di Bandara Bilogai, Intan Jaya.

Tak tinggal diam, berbagai strategi pun gencar dilakukan militer Indonesia untuk mempersempit ruang gerak para pelaku yang dicap sparatis tersebut.

Bahkan kini, pimpinan militer Indonesia telah menerjunkan Yonif 126/Kala Cakti atau Pasukan kalajengking hitam yang ditugaskan berjaga di perbatasan Papua. Pasukan dengan lambang kalajengking hitam itu ditugaskan untuk menjaga perbatasan Republik Indonesia dengan Papua Nugini.

Hal ini dinilai penting mengingat KKB Papua kerap mendapat pasokan amunisi, senjata hingga perlengkapan lainnya dari oknum di perbatasan Papua Nugini.

Berdasarkan laporan dari laman kodam1-bukitbarisan.mil.id, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin memimpin langsung acara Pengantaran Satgas Yonif 126/Kala Cakti dalam rangka operasi pengamanan perbatasan RI – PNG di Sektor Utara Ta 2021.

Adapun upacara itu dilaksnakan di Lapangan Yudha Mako Yonif 126/KC Desa Perjuangan, Kec. Sei balai, Kab. Batu bara, pada Kamis, 28 oktober 2021.

Mayjen TNI Hassanudin berharap agar Satgas Yonif 126/Kala Cakti yang dikirim ke Papua mampu mengemban tugas mulia dan menjaga kehormatan satuan, kehormatan Kodam I/Bukit Barisan, kehormatan TNI AD, sekaligus menjaga keutuhan serta kedaulatan Indonesia.

Berkaitan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersenjata yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini bukanlah tugas yang ringan, namun akan menjadi ringan apabila kalian melaksanakannya dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab, dengan tetap sabar dan waspada, namun tegas dalam bertindak,” katanya dikutip pada Senin 1 Novmebre 2021.

Ia menekankan para prajuritnya agar jangan mudah terpancing oleh provokasi yang negatif, yang pada akhirnya akan merugikan satuan.

“Jadilah prajurit yang kuat tetapi tidak kasar, jadilah prajurit yang baik tetapi tidak lemah,” tegasnya.

Data yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, Batalyon Infanteri 126/Kala Cakti atau Yonif 126/KC merupakan Batalyon Infantri di bawah komando Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/Bukit Barisan.

Adapun embrio batalyon merupakan Yonif 124/Solu Bolon sesuai Skep Pangdam I BB, tanggal 30 April 1962 merupakan penyempurnaan batalyon D yang berkedudukan di Marendal dan dipindahkan ke Sibolga.

Saat ini mako Yonif 126/Kala Cakti bermarkas di Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara.

Yonif 126 KC yang berkedudukan di Bunut, Kisaran dengan 750 personel dengan 3 daerah teritorial yaitu Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai dan Labuhanbatu memiliki 6 dislokasi yaitu Mayon di Bunut, kompi markas di Sibogat, kompi senapan di Tanjung Kasau, kompi senapan B di Damuli, kompi senapan C di Rantauprapat dan kompi bantuan di Pulo Raja.

Memiliki lambang dengan seekor kala jengking warna hitam dengan tulisan “Kala Cakti” mengelilinginya melambangkan kesatuan yang kokoh, tangkas dilengkapi dengan senjata api bermakna siap melaksanakan tugas.

Dan tulisan Kala Cakti melambangkan sifat seperti kala dengan ecto ciri sederhana, mempunyai keyakinan yang teguh, kokoh dan percaya kepada diri sendiri, memiliki daya tahan yang tinggi dan kemampuan untuk menghancurkan lawan dengan senjata ampuh.

Memiliki motto berani dan percaya diri kini telah menjadi satuan organik (tempur) dan teritorial.

2. TNI-Polri Kepung KKB Papua, Kapolres Intan: Ketemu Hantam

Tingkah brutal yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB akhir-akhir ini telah membuat aparat TNI-Polri naik pitam. Terkait hal itu, sejumlah pasukan penegak hukum dan penjaga kedaulatan Indonesia itu akhirnya melakukan pengepungan di berbagai titik di Kota Sugapa, Papua.

Tindakan tegas aparat gabungan TNI-Polri itu terpaksa dilakukan karena KKB kembali bikin onar. Bahkan baru-baru ini, kelompok yang dicap sparatis itu telah melakukan pembakaran sejumlah kendaraan dan bangunan di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan menegaskan, kini aparat sudah menutup sejumlah akses di wilayah Kota Sugapa. Dia juga mengklaim, situasi dan kondisi saat ini terbilang kondusif.

“Semua pasukan sudah menutup akses di wilayah Kota Sugapa. Kami sudah mengendalikan kondisi kamtibmas di Sugapa,” katanya dikutip pada Selasa 2 November 2021.

TNI-Polri kejar KKB Papua (Foto: Istimewa)
TNI-Polri kejar KKB Papua (Foto: Istimewa)

Sandi mengklaim, strategi perang seperti ini telah berhasil membuat KKB Papua yang kerap malakukan teror keji di wilayah Sugapa sudah hengkang dari wilayah tersebut.

Namun apabila nantinya masih ada yang terlihat, pihaknya mengancam bakal mengambil sikap tegas dengan menghabisi gerombolan teroris tersebut.

“Kalau ada yang masih terlihat, kami hantam (tindak),” janjinya.

Ketika disinggung berapa jumlah pasukan yang dikerahkan untuk melakukan pengepungan, Sandi enggan membeberkannya. Menurutnya hal itu berkaitan dengan tak tik perang.

“Ini yang tidak bisa kami kasih tahu. Karena ketika jumlah kekuatan pasukan kami ekspos dan termuat di media, ya selesai sudah, mereka (KKB) bisa baca kekuatan kami, ketahuan sudah,” ujarnya.

Untuk diketahui, KKB belum lama ini kembali melakukan sejumlah penyerangan di kawasan Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat 29 Oktober 2021.

Penyerangan diawali sekitar pukul 15.38 WIT, saat itu KKB melakukan aksi penembakan ke Polsek Sugapa dari arah tower Telkomsel. Personel kemudian membalas tembakan hingga terjadi kontak senjata di lokasi.

Di hari yang sama KKB Papua juga menyerang sebuah bangunan rumah milik warga bernama Rian dan melakukan penembakan Pos Satgas 521 di sekitar perumahan sekretaris daerah.

Salain itu, dalam beberapa menit kemudian, KKB bergerak menuju arah bandara dan kembali melakukan aksi pembakaran.

Kendati begitu serangkaian penyerangan KKB tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka dari pihak aparat keammanan. Namun penyerangan di beberapa titik tersebut menyebabkan cukup banyak kerugian materil.

3. Prabowo Maju Pilpres, Susi Pudjiastuti Acungkan 2 Jempol

Mantan menteri Jokowi, Susi Pudjiastuti merespon rencana Partai Gerindra yang bakal kembali mengusung Prabowo Subianto maju di Pilpres 2024.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti disebut-sebut mendukung penuh Prabowo. Anggapan itu muncul lantaran Susi mengangkat jempol dua untuk sikap Gerindra tersebut.

Hal itu diungkapkan Susi melalui cuitan akun Twitternya. Nah respons Susi itu jadi perhatian warganet. Ada yang menilai dua jempol itu artinya Susi mendukung Prabowo jadi Pilpres 2024.

“Bu @susipudjiastuti setuju??? Bagi saya hanya jargon, euforia saja.., bukannya Prabowo di dalam perahu kekuasaan? harusnya berani nyampaikan ide kreatifnya donk..Lebih baik diberhentikan seperti ibu yang berani beda pandangan..dari pada diem hanya cari aman,” kata akun @tososantosoroc1.

Nah warganet lainnya sih ogah Susi dukung Prabowo maju Pilpres. Harusnya sebaliknya.

“Bu susi aja yg maju dong, bosen saya pak Prabowo mulu,” balas akun @ninoSSL.

Sayangnya Susi hingga kini belum menjelaskan apa makna jempol dua untuk sikap Gerindra dukung Prabowo maju Pilpres 2024.

Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)
Susi Pudjiastuti (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan Prabowo menitipkan pesan kepada kader Gerindra untuk berikan perhatian soal ancaman kebangkrutan Garuda Indonesia.

Gerindra akan melakukan berbagai cara untuk membantu, termasuk patungan demi meringankan utang perusahaan BUMN tersebut.

Hal ini pesan khusus dari Prabowo kepada seluruh kader Gerindra untuk berjuang mempertahankan eksistensi Garuda.

Menurut Muzani, Prabowo menginginkan semua cara harus ditempuh agar Garuda tidak bangkrut.

Jika perlu, segenap anggota legislatif Gerindra siap memberi sokongan atau patungan untuk bisa meringankan utang agar Garuda bisa eksis. Sehingga, Garuda Indonesia tetap bisa beroperasi menyatukan seluruh wilayah Indonesia.

“Garuda sebagai salah satu perusahaan penerbangan yang membanggakan, mempersatukan wilayah Indonesia, memiliki sejarah bersamaan dengan perjuangan bangsa dan dibangun atas dasar kegotongroyongan dari sumbangan rakyat Aceh wajib kita selamatkan,” katanya.

Muzani mengatakan Gerindra akan melakukan semua tindakan yang dibutuhkan pemerintah untuk menyelamatkannya.

“Kalau perlu anggota parlemen Gerindra di semua tingkatan songkongan untuk itu. Meskipun hal itu bukan jalan keluar,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI ini menyebutkan kasus Garuda harus menjadi pelajaran berharga.

Untuk itu, menurutnya hal inilah yang menjadi perhatian serius dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, bahwa tujuan Gerindra kembali mencalonkan beliau pada bursa capres 2024, salah satu tujuannya adalah untuk menyelamatkan aset bangsa negara dari masalah seperti ini.