Terpopuler DepokToday, 19 November 2021: Jepang Geser Australia, Daun Bidara Untuk Anak Bandel

Pertandingan Oman menghadapi Jepang.(Foto: Twitter/AsianCup2023)
Pertandingan Oman menghadapi Jepang.(Foto: Twitter/AsianCup2023)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Jumat pagi, 19 November 2021. Pertama, Jepang berhasil melesat naik pada klasemen dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, terbaru Tim Samurai Biru itu berhasil menggeser Australia dari posisi kedua klasemen.

Terpopuler kedua, daun bidara dipercayai sebagai penangkal makhluk jahat pengganggu rumah, tapi ternyata selain itu daun bidara juga bisa bikin anak bandel insaf.

Selanjutnya, Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa segera dimulai, simak alur pengundiannya.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Jumat pagi:

1. Jepang Geser Australia dari Posisi Dua Klasemen Grup B

Jepang menempati posisi dua klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, mengeser Australia yang turun ke urutan tiga.

Naiknya posisi Tim Samurai Biru ke papan atas klasemen setelah menang atas Oman 1-0 di Sultan Qaboos Sports Complex, Selasa 16 November 2021 malam WIB.

Kemudian diikuti hasil imbang 1-1 antara China dengan Australia di Sharjah Stadium, yang membuat perolehan poin Jepang unggul satu digit dari Australia.

Jepang kini hanya memiliki selisih empat poin dengan pemuncak klasemen Arab Saudi yang meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, kemarin malam WIB.

Australlia harus menerima hasil seri ketika dijamu China. Berstatus sebagai tim tamu, Australia berhasil mencuri gol di menit 38 melalui Mitchell Duke.

Gol pemain berusia 30 tahun itu bertahan hingga babak pertama selesai.

Di babak kedua, Australia masih bisa mempertahankan keunggulan hingga menit 70. Sebab pada menit itu, China mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Wu Lei melalui titik penalti.

Laga yang tersisa 20 menit lagi tidak mampu dimaksimalkan kedua tim untuk menambah gol. Akhirnya skor 1-1 tidak berubah hingga babak kedua selesai. Australia dan China harus puas mendapat satu poin.

Dampak hasil imbang ini membuat peringkat Australia turun ke posisi tiga. Sedangkan China masih berada di tangga kelima dengan lima poin.

Oman yang tumbang di kandang sendiri saat melawan Jepang, menempati urutan empat dengan tujuh poin.

Vietnam masih terpendam di dasar klasemen dengan poin nol karena belum pernah memetik kemenangan maupun hasil imbang dari enam kali bertanding.

2. Bukan Cuma Penangkal Jin, Daun Bidara Juga Bikin Anak Bandel Insaf

Setiap orang tua tentunya mendambakan keturunan yang soleh dan sholehah. Namun apa jadinya jika anak yang diharapkan itu justru tumbuh menjadi sosok bandel dan sulit diatur. Nah ternyata, air daun bidara bisa jadi solusinya.

Hal itu diungkapkan oleh dokter sekaligus pendakwah, Zaidul Akbar. Menurutnya, tidak perlu bingung untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebab, air daun bidara ampuh untuk mengatasi anak yang susah diatur.

“Termasuk anak-anak kita yang mungkin nggak jelas perilakunya susah diatur segala macam ada baiknya Anda juga mandikan dia dengan air bidara,” katanya dikutip pada Kamis, 18 November 2021.

Melansir Serambinews.com, dokter yang dikenal sebagai penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai ‘role model’ untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan.

Daun bidara (Foto: Istimewa)
Daun bidara (Foto: Istimewa)

Lantas, bagaimana cara memandikan anak dengan daun bidara? Berikut ulasannya:

Daun bidara sendiri disebutkan di dalam Al-Quran sebagai daun Sidr. Di dalam Al-Quran, daun bidara disebutkan dalam surat Al Waqiah ayat 27-31 dan Surah Saba ayat 16.

Daun tersebut juga bisa kita temukan di Indonesia. Bahkan beberapa sumber menyebut jika daun ini salah satu tumbuhan surga yang ada di dunia.

Tanaman herbal ini memiliki bentuk seperti oval dan berwarna hijau sedikit pudar dan tidak mengkilap.

Usut punya usut, dalam dunia medis, daun tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya, bisa sebagai anti kanker, anti depresan, antioksidan, anti diabetik hingga anti inflamasi.

Tak hanya itu saja, daun itu juga memiliki khasiat sebagai penangkal hal ghaib seperti mengusir jin dan meruqyah tubuh.

“Buat ngambil faedah dari keberkahan hadis Nabi bahwa bidara itu bisa mengusir jin itu bisa Anda pakai juga,” ujarnya.

3. Begini Alur Undian Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Undian babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan diadakan di Zurich, Swiss, pada hari Jumat 26 November 2021 waktu setempat.

Tiga slot Eropa untuk Piala Dunia FIFA 2022 yang tidak dialokasikan pada akhir babak penyisihan grup kompetisi pendahuluan akan diputuskan melalui turnamen play-off 12 tim.

Sepuluh runner-up dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa bergabung dengan dua tim tambahan yang dipilih berdasarkan peringkat keseluruhan UEFA Nations League 2020/21: Austria dan Republik Ceko.

Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)
Dari kiri ke kanan; Italy, Portugal, Rusia, Skotlandia, Swedia, Wales, Austria, Republik Ceko, Makedonia Utara, Polandia, Turki, dan Ukraina, peserta play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.(Foto: UEFA)

Secara khusus, tempat-tempat ini diberikan kepada dua pemenang grup UEFA Nations League dengan peringkat terbaik yang tidak lolos langsung ke turnamen final sebagai juara grup kualifikasi Eropa, atau sudah memasuki babak play off sebagai runner-up grup kualifikasi Eropa.

Enam runner-up dengan peringkat terbaik dari babak penyisihan grup kualifikasi Eropa dialokasikan ke Pot 1, dan akan memainkan semifinal play-off mereka di kandang. Enam tim yang tersisa akan dialokasikan ke Pot 2.

Untuk menentukan enam runner-up terbaik yang dialokasikan ke Pot 1, pertama-tama hasil runner-up grup melawan tim di tempat keenam (untuk grup dengan enam tim) dibuang dan kemudian kriteria berikut diterapkan dalam urutan yang diberikan:

A. jumlah poin yang lebih tinggi

B. unggul selisih gol

C. jumlah gol yang lebih banyak dicetak

D. jumlah gol tandang yang lebih banyak dicetak

D. jumlah kemenangan yang lebih tinggi

E. jumlah kemenangan tandang yang lebih tinggi

F. total poin disiplin yang lebih rendah hanya berdasarkan kartu kuning dan kartu merah yang diterima oleh pemain dan ofisial tim (kartu merah = tiga poin, kartu kuning = satu poin, kartu kuning untuk dua kartu kuning dalam satu pertandingan = tiga poin)

H. daftar akses untuk UEFA Nations League 2020/2021.

Pengundian akan dimulai dengan mengalokasikan enam tim dengan peringkat terbaik, yaitu tim dari Pot 1, ke semifinal 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 masing-masing sebagai tim tuan rumah.

Tim pertama yang ditarik akan menempati posisi tuan rumah di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai pot dikosongkan.

Pengundian kemudian akan dilanjutkan untuk mengalokasikan tim dari Pot 2 ke pasangan semifinal satu per satu.

Tim pertama yang diambil dari Pot 2 akan menempati posisi tandang di semifinal 1, tim kedua yang ditarik di semifinal 2 dan seterusnya sampai semua pasangan semifinal ditentukan.

Semifinal 1 dan 2 berada di jalur Play-off A, semifinal 3 dan 4 membentuk jalur B dan semi final 5 dan 6 merupakan jalur C.

Untuk menentukan pemenang semifinal mana yang akan bermain di kandang di final, undian tambahan akan diadakan untuk setiap jalur.

Pertandingan semifinal play-off dihelat pada Kamis 24 Maret 2022. Untuk final play-off digelar pada Selasa 29 Maret 2022.

Piala Dunia 2022 di Qatar adalah pertama kali yang tidak diadakan pada bulan Mei, Juni atau Juli.

Turnamen di tanah Arab itu dijadwalkan berlangsung pada 21 November dan 18 Desember 2022. Undian putaran final diperkirakan akan diadakan pada April 2022.