Terpopuler DepokToday, 15 Oktober 2021: Megawati Jabat Ketua BRIN, Hati-hati Konsumsi Pepaya Berlebih

Megawati Soekarnoputri kini jabat Ketua BRIN (Foto: Istimewa)
Megawati Soekarnoputri kini jabat Ketua BRIN (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Jumat pagi, 15 Oktober 2021. Pertama, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki jabatan baru sebagai Ketua BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Terpopuler kedua, meski konsumsi pepaya baik untuk kesehatan, namun jika berlebih juga dapat menimbulkan bahaya.

Selanjutnya, di Grup B kualifikasi Piala Dunia, Australia nyerah dari Jepang.

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Jumat pagi:

1. Dapat Jabatan Baru di BRIN, Dulu Gaji Megawati Rp 112 Juta, Sekarang?

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik dan mengambil sumpah jabatan pada sejumlah Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Adapun posisi ketua dalam lembaga itu dipegang oleh Megawati Soekarnoputri.

Melansir Melansir laman resmi presidenri.go.id, proses sakral itu berlangsung sesuai protokol kesehatan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Pelantikan Dewan Pengarah BRIN ini dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Adapun nama-nama para Dewan Pengarah BRIN yang dilantik tersebut adalah:

Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri sebagai ketua;

Menteri Keuangan sebagai wakil ketua;

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai wakil ketua;

Dr. (H.C.) Drs. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, S.H., sebagai sekretaris.

Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D., sebagai anggota;

Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., sebagai anggota;

Bambang Kesowo, S.H., LL.M., sebagai anggota;

Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH, Ph.D., sebagai anggota;

Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, sebagai anggota

Ir. Tri Mumpuni sebagai anggota.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada nama-nama tersebut dikutip pada Kamis 13 Oktober 2021.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” sambungnya.

Selanjutnya, Dewan Pengarah BRIN ini akan mengemban tugas selama lima tahun sejak dilantik. Mengutip Radar Tegal, pada Tahun 2018 lalu, Megawati juga dilantik Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Ini sesuai Perpres Nomor 42/2018 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 23 Mei 2018 lalu.

Sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri saat itu mendapat gaji sekira Rp112.548.000.

2. Hati-hati Loh Konsumsi Pepaya Berlebih, Ternyata Bisa Timbul Penyakit Ini

Salah satu buah yang menjadi favorit dan konsumsi sehari-hari adalah pepaya. Buah ini mudah didapat atau ditanam sendiri.

Pepaya merupakan salah satu buah sehat dengan kandungan nutrisi yang kaya. Sebuah pepaya ukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C yang tinggi, serta serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian sebanyak 20 persen.

Kandungan nutrisi yang kaya di dalam pepaya menyebabkan buah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat yang paling banyak disebut bisa didapat dari pepaya adalah untuk melancarkan pencernaan.

Walau mengandung manfaat kesehatan, namun mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa muncul ketika terlalu banyak mengonsumsi pepaya.

manfaat pepaya bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)
manfaat pepaya bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

Pepaya berwarna oranye karena kandungan beta karoten di dalamnya. Makan terlalu banyak pepaya ternyata mampu menyebabkan perubahan warna kulit dalam kadar yang rendah yang disebut dengan karotenemia.

Telapak tangan dan telapak kaki adalah bagian tubuh yang paling terlihat akibat perubahan warna ini. Meski tidak berbahaya, namun kamu harus mengurangi konsumsi pepaya jika hal ini terjadi pada kulitmu.

Pepaya mengandung enzim yang disebut dengan papain. Enzim ini bermanfaat untuk menangani gangguan pencernaan dan melawan peradangan di tenggorokan.

Bagi mereka yang mudah alergi, enzim papain bisa menyebabkan demam, asma, sesak napas, hingga hidung tersumbat. Oleh karena itu, bagi seseorang yang mengidap masalah tersebut, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi pepaya.

Pepaya mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam gangguan penyakit, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi pepaya berlebihan bisa berarti kamu juga akan berlebihan dalam mengonsumsi vitamin C. Hal ini bisa mengakibatkan keracunan serta pembentukan asam oksalat yang bisa berujung dengan pembentukan batu ginjal.

Meski pepaya tinggi serat dan bisa mencegah sembelit, namun terlalu banyak makan pepaya juga bisa menyebabkan sakit perut. Adanya kandungan enzim papain di dalamnya membuat masalah ini mungkin terjadi.

Sejumlah hal tersebut menunjukkan bahwa walupun sehat, sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi pepaya. Konsumsi dalam jumlah tepat agar terhindar dari masalah dan bisa memperoleh manfaat sehatnya.

3. Begini Perubahan Klasemen Grup B Setelah Australia Nyerah sama Jepang

Perubahan pada klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia setelah Australia menyerah 1-2 saat melawan Jepang.

Atas kekalahan itu, posisi puncak klasemen kini tak lagi dipegang oleh Australia. Tempat tertinggi tersebut saat ini dihuni oleh Arab Saudi.

Kekalahan Australia dari Jepang di Stadion Saitama, Selasa 12 Oktober 2021, itu membuat Socceroos harus merelakan posisinya direbut Arab Saudi.

Australia turun ke peringkat kedua dengan sembilan poin, terpaut tiga digit dengan Arab Saudi.

Berhasilnya Arab Saudi menempati singgasana Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai menaklukkan China 3-2 di King Abdullah Sports City, Rabu 13 Oktober 2021.

Arab Saudi menjadi satu-satunya tim di Grup B yang menyapu bersih semua empat pertandingan.

Arab Saudi unggul dua gol menghadapi China di babak pertama melalui Sami Al-Najei pada menit 15 dan 38.

Di babak kedua Aloisio memperpendek selisih gol itu menjadi 2-1. Namun Firas al-Buraikan membuat Arab Saudi unggul 3-1 di menit 78.

Meski bisa mencetak gol lagi di menit 87 lewat aksi Wu Xi, namun China gagal menyamakan skor di sisa menit babak kedua.

Pemain Arab Saudi merayakan gol.(Foto: Twitter/AsianCup2023)
Pemain Arab Saudi merayakan gol.(Foto: Twitter/AsianCup2023)

Skor 3-2 pun akhirnya menjadi angka penutup laga yang dimenangkan oleh tim tuan rumah. Arab Saudi berhak atas tiga poin, sedangkan China pulang dengan tangan hampa.

China kini berada di peringkat kelima klasemen Grup B dengan tiga poin. Posisi mereka berada di atas Vietnam yang sama sekali belum meraih kemenangan.

Penderitaan Vietnam berlanjut saat Oman mengalahkan mereka dengan skor 1-3 di Sultan Qaboos Sports Complex, Selasa 12 Oktober 2021.

Kekalahan keempat itu memaksa tim debutan di kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2022 Zona Asia ini betah di dasar klasemen.

Sementara bagi Oman, kemenangan kedua mereka ini membuat mereka mendekati Australia yang kini hanya selisih tiga poin.

Oman berada di urutan ketiga dengan enam poin. Jepang yang sukses menundukkan Australia bertengger di posisi keempat.