Terpopuler DepokToday, 12 Oktober 2021: Daun Bidara Atasi Anak Bandel, Kenali Ciri Kolesterol Tinggi di Kaki

Daun bidara (Foto: Istimewa)
Daun bidara (Foto: Istimewa)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Selasa, 12 Oktober 2021. Pertama, daun bidara diyakini ampuh mengatasi anak bandel. Caranya gunakan air rebusan daun itu kepada anak-anak.

Terpopuler kedua, kolesterol tinggi memiliki dampak yang berbahaya jika tidak diketahui secara dini. Bukan hanya gejala umum seperti pusing dan sakit kepala, kolesterol rupanya bisa menyerang kaki.

Selanjutnya, pemberontak KKB tembaki pesawat pengangkut makanan saat melintasi langit Papua.

Baca Juga: Marak Kasus Pencurian, Warga Depok Butuh Robocop

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Selasa sore:

1. Daun Bidara, Tanaman Surga untuk Atasi Anak Bandel, Gini Caranya

Setiap orang tua pastinya mendambakan keturunan yang soleh dan sholehah. Namun apa jadinya jika anak yang diharapkan itu justru tumbuh menjadi sosok bandel dan sulit diatur. Air daun bidara bisa jadi soulisinya.

Ya, hal itu diungkapkan oleh dokter sekaligus pendakwah, Zaidul Akbar. Menurut dia, tidak perlu bingung untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebab, air daun bidara ampuh untuk mengatasi anak yang susah diatur.

“Termasuk anak-anak kita yang mungkin nggak jelas perilakunya susah diatur segala macam ada baiknya Anda juga mandikan dia dengan air bidara,” katanya dikutip pada Selasa 12 Oktober 2021.

Melansir Serambinews.com, dokter  yang dikenal sebagai penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai ‘role model’ untuk mengatasi berbagai persoalan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara memandikan anak dengan daun bidara? Berikut ulasannya:

Daun bidara sendiri disebutkan di dalam Al-Quran sebagai daun Sidr.

Di dalam Al-Quran, daun bidara disebutkan dalam surat Al Waqiah ayat 27-31 dan Surah Saba ayat 16.

Daun tersebut juga bisa kita temukan di Indonesia. Bahkan beberapa sumber menyebut jika daun ini salah satu tumbuhan surga yang ada di dunia.

Tanaman herbal ini memiliki bentuk seperti oval dan berwarna hijau sedikit pudar dan tidak mengkilap.

Usut punya usut, dalam dunia medis, daun tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya, bisa sebagai anti kanker, anti depresan, antioksidan, anti diabetik hingga antiinflamasi.

Tak hanya itu saja, daun itu juga memiliki khasiat sebagai penangkal hal ghaib seperti mengusir jin dan meruqyah tubuh.

“Buat ngambil faedah dari keberkahan hadis Nabi bahwa bidara itu bisa mengusir jin itu bisa Anda pakai juga,” ujarnya.

2. Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Muncul di Kaki, Begini Ciri-cirinya

Umumnya gejala kolesterol tinggi hanya pusing dan sakit kepala, namun tahukah anda masalah pada kaki justru menjadi tanda-tanda yang perlu diwaspadai.

Kolesterol yang tak larut dalam air berbentuk seperti lilin maupun lemak. Adapun, kolesterol diangkut ke berbagai bagian tubuh melalui partikel yang disebut lipoprotein, yang memiliki protein spesifik di permukaannya.

Ketika kolesterol bergabung dengan lipoprotein dengan kandungan lemak tinggi dan protein rendah membentuk Low-density lipoprotein (LDL), maka bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Masalah ini muncul ketika asupan yang masuk ke tubuh justru kaya akan makanan berlemak yang tak sehat.

Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)
Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)

Masalah makin menjadi-jadi bila kamu malas bergerak. LDL mulai menumpuk di arteri, menghalangi, dan menyempitkan aliran darah, yang seiring waktu dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Hal yang membuat kolesterol menakutkan adalah saat gejala muncul ketika mencapai tahapan yang serius.

Satu-satunya cara untuk mencegahnya yaitu dengan cek kolesterol dalam darah secara rutin. Apalagi, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat membuat gangguan pada tendon achilles, otot yang menghubungkan tumit dengan betis. Simak tanda gejala kolesterol yang bisa dilihat dari kaki seperti dilansir dari Times of India.

Penyumbatan arteri di kaki menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh paling bawah. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan lelah.

Pada orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan rasa terbakar pada bagian tubuh bawah. Selain itu, rasa sakit pada paha dan betis juga sering terjadi. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat.

Keram kaki berkelanjutan terutama saat tidur merupakan gejala umum untuk kolesterol tinggi. Gejala ini dirasakan sering kali pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki.

Hal ini makin parah saat tidur di malam hari. Menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakan keram karena akan membantu darah mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi.

Kurangnya aliran darah dapat membuat perubahan pada warna kulit maupun kuku. Sel yang berada di daerah tersebut tak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah. Tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat.

Saat merasa kedinginan, wajar bila kaki juga terasa dingin. Pada hawa dan cuaca yang panas, bila seseorang kakinya terasa dingin saat disentuh, hal itu dapat menjadi tanda kadar kolesterol sedang naik.

Jangan anggap enteng masalah ini karena dapat menjadi penyakit arteri perifer (PAD) yang disebabkan karena penyempitan arteri menuju kaki. Imbangi gaya hidup sehat dengan olahraga rutin agar aliran darah tetap lancar dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Berulah Lagi, KKB Tembaki Pesawat Pengangkut Makanan dan Aparat

Aksi penyerangan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua masih terus terjadi. Kali ini KKB tembaki pesawat Smart Air saat hendak mendarat di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada pekan lalu.

Pesawat yang ditembaki itu merupakan angkutan yang membawa pasok makanan dan sejumlah aparat keamanan.

Seperti melasir dari Sindonews, KKB tembaki Pesawat Smart Air dari Timika menuju Kiwirok, Pegunungan Bintang yang dipiloti Guntardi. dilaporkan, selain membawa bahan makanan juga mengantarkan tiga orang penumpang dari aparat keamanan.

Belum diketahui dari kesatuan atau instansi mana dan identitas ketiga aparat keamanan yang ikut dalam pesawat. Saat ini pesawat sudah dilaporkan kembali ke Oksibil Ibukota Pegunungan Bintang.

Ilustrasi TNI diserang KKB (Foto: Istimewa)
Ilustrasi TNI diserang KKB (Foto: Istimewa)

Berdasarkan laporan, akibat tembakan itu menyebabkan sayap pesawat sebelah kiri berlubang. Lalu saat terbang kembali lagi ke Oksibil pesawat tersembut mengalami serangan tembakan lagi.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Arm Reza Nur Patria mengaku belum mendapat informasi soal keberadaan aparat keamanan di dalam pesawat yang ditembaki tersebut. “Saya cari informasi lebih lanjut, bila ada perkembangan akan disampaikan,” kata Kapendam.

Sebelumnya, kontak senjata juga terjadi antara KKB Papua dengan aparat keamanan. Pegunungan Bintang mejadi lokasi sasaran yang dilakukan kelompok ini untuk menebar ancaman. Tidak hanya aparat kemanan, mereka juga kerap menyerang warga sipil.

Akibat sejumlah penyerangan itu, baik warga sipil, aparat keamanan, maupun anggota KKB jatuh koran, beberapa diantaranya juga tewas karena baku tembal.