Terpopuler DepokToday, 10 Oktober 2021: Bhayangkara FC Menjuarai Klasemen, Salawat Selamatkan Bocah di Sumur Tua

Pertandingan Bhayangkara FC melawan Barito Putera.(Foto: Twitter/BRI Liga 1)
Pertandingan Bhayangkara FC melawan Barito Putera.(Foto: Twitter/BRI Liga 1)

DepokToday – DepokToday merangkum berita terpopuler pada Minggu pagi, 10 Oktober 2021. Pertama, Bhayangkara FC semakin percaya diri memuncaki klasemen dengan 16 poin pada musim ini.

Terpopuler kedua, bocah berusia 5 tahun yang hilang di sumur tua selama kurang lebih 4 hari ditemukan selamat berkat lantunan salawat.

Selanjutnya, penyakit asam lambung rupanya tidak hanya menyiksa pada pencernaan, saluran pernafasan pun bisa dibuat sesak dengan penyakit itu.

Baca Juga: Ada 34 Kasus COVID-19 di PON Papua, Satgas Evaluasi Penyelenggaraan

Berikut ringkasan berita terpopuler di DepokToday pada Minggu pagi:

1. Bhayangkara FC Menjauh Empat Poin dari Para Pesaingnya

Kemenangan Bhayangkara FC atas Barito Putera 3-2 di pertandingan pekan keenam BRI Liga 1 2021-2022 membuat mereka menjauh empat digit dari para pesaingnya.

Kemenangan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Minggu 3 Oktober 2021 itu, membuat Bhayangkara FC bercokol di puncak klasemen dengan 16 poin.

Perolehan poin itu selisih empat dengan dua pesaing dekatnya, PSIS Semarang dan Bali United, yang sama-sama mengantongi 12 poin.

Klasemen BRI Liga 1 pekan keenam.(Foto: Twitter/BRI Liga 1)
Klasemen BRI Liga 1 pekan keenam.(Foto: Twitter/BRI Liga 1)

PSIS Semarang menduduki posisi runner-up setelah menundukkan Persebaya Surabaya 3-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu 3 Oktober 2021.

Naiknya peringkat PSIS Semarang ke urutan dua karena Bali United main imbang 1-1 dengan Persikabo 1973 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 2 Oktober 2021.

Pertandingan BRI Liga 1 minggu ini tidak dipertandingkan. Laga pekan ketujuh kembali digelar pada Jumat 15 Oktober 2021 yang dimulai dengan pertandingan PSIS Semarang vs Persik Kediri dan PSS Sleman vs Barito Putera.

Hari Sabtu, 16 Oktober 2021, sebanyak empat pertandingan bakal dihelat yakni Persita Tangerang vs Persiraja Banda Aceh, Persela Lamongan vs Madura United, Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya, dan big match Bhayangkara FC vs Persib Bandung.

Di hari Minggu, 17 Oktober 2021, tiga pertandingan akan tersaji antara PSM Makassar vs Bali United, Persija Jakarta vs Arema FC, dan Persikabo 1973 vs Borneo FC.

2. Merinding, Lantunan Salawat Selamatkan Bocah yang Hilang di Sumur Tua

Seorang bocah berusia 5 tahun yang sempat hilang sejak Rabu 6 Oktober 2021, lalu akhirnya berhasil ditemukan di sebuah sumur tua sedalam 12 meter. Anehnya, padahal sejumlah warga telah mencari anak malang itu di sumur tersebut berulang kali.

Peristiwa aneh tapi nyata itu terjadi di wilayah Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Sukabumi.

Bocah bernama Hamizan Hadid ini berhasil ditemukan warga sekitar di dalam sumur tua itu pada Kamis siang, 7 Oktober 2021.

Padahal pada Rabu malam, sejumlah warga tidak menemukan bocah tersebut, meski suara jeritan terdengar di sekitar sumur.

Sumur tua (Foto: Istimewa)
Sumur tua (Foto: Istimewa)

Melansir Kompas.com, salah satu tokoh masyarakat Kelurahan Cisarua, Erwan mengatakan, pada Rabu malam, sejumlah warga sempat mendengar suara jeritan minta tolong dari sebuah rumah kosong.

Mereka kemudian mencari ke lokasi, namun anehnya tidak menemukan sumber suara.

Penasaran, warga kemudian mencari sumber suara di dalam sumur yang ditutup rapat dengan seng yang berada di rumah kosong tersebut. Namun tidak ditemukan apa pun di dalamnya.

Merasa ada yang janggal, sejumlah warga desa kemudian ramai-ramai membaca salawat.

Hal itu membuahkan hasil, Hamizan akhirnya ditemukan pada Kamis siang.

Bocah itu selamat setelah seorang warga bernama Unang yang sedang membersihkan kebunnya mendengar suara minta tolong dari dalam sumur.

Tadinya Uang tidak yakin dengan suara yang didengarnya. Namun, akhirnya dia mendekati sumur itu dan membuka seng penutup. Ia terkejut melihat Hamizan berada di dalam sumur dengan posisi tidur.

Panik bercampur kaget, Unang pun bergegas lari dan memberitahukan hal itu ke warga lainnya.

“Kang Unang lari, ngasih tahu kami dan keluarga Mizan ada di sumur. Awalnya percaya tidak percaya. Namun, setelah dilihat bersama-sama, ternyata benar dan langsung kita tolong seadanya hingga berhasil dievakuasi” kata Erwan, dikutip pada Sabtu 9 Oktober 2021.

Saat ini bocah tersebut telah kembali ke rumahnya. Ia hanya mengalami cedera ringan pada bagian kaki.

3. Asam Lambung Naik Bikin Sesak, Begini Cara Tanganinya

Asam lambung yang naik terkadang juga bisa membuat sesak penderitanya. Kondisi ini juga biasanya dikaitkan dengan gejala penyakit asam lambung kronis.

Bagi anda penderitanya, perlu mengetahui mengapa asam lambung yang kambung bisa menyebabkan sesak napas, agar penanganan yang tepat dapat dilakukan.

Melansir dari Kompas.com, beberapa penyebab asam lambung bisa bikin sesak napas, antara lain: Cairan asam lambung dari perut yang naik ke kerongkongan tanpa disengaja masuk ke paru-paru, biasanya saat tidur.

Asam lambung naik juga bisa melukai lapisan tenggorokan, saluran pernapasan, dan paru-paru. Kondisi ini rentan menyebabkan asma pada penderita penyakit asam lambung yang sudah punya riwayat asma

Nah, cara mengatasi sesak napas akibat asam lambung memerlukan perubahan gaya hidup, menjaga pola makan sehat, dan minum obat.

Ilustrasi sesak. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sesak. (Foto: Istimewa)

Selain itu, saat ini asam lambung hingga menyebabkan sesak napas, bisa juga menghilangkannya  dengan cara:

-Menjaga berat badan tetap ideal

-Setop merokok

-Tinggikan sandaran kepala saat tidur

-Tidak menggunakan pakaian ketat, ikat pinggang, atau aksesori yang menekan bagian perut

-Mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang

-Tidak berbaring atau tidur dalam waktu kurang dari tiga jam setelah makan

-Mengidentifikasi dan menghindari makanan pemicu asam lambung naik

-Mengurangi atau menghindari alkohol, meminimalkan asupan kafein seperti teh dan kopi

-Hindari makan besar, makan dengan porsi kecil tapi lebih sering

-Minum obat asam lambung dengan opsi antasida,

-Kelola stres

Serangan sesak napas akibat asam lambung yang hanya muncul sekali atau dua kali umumnya tidak perlu dikhawatirkan.

Anda bisa berkonsultasi ke dokter saat ada jadwal kontrol rutin untuk mengatasi penyakit ini. Namun, apabila gejala sesak ketika asam lambung naik memburuk, segera bawa penderita ke rumah sakit.

Apabila tidak mendapatkan penanganan medis tepat, sesak karena asam lambung naik juga dapat menyebabkan komplikasi gangguan pernapasan yang mengancam jiwa.