Ternyata Ada Tiga Kepala Daerah di Jabar Tidak Ikut Dilantik Kemarin, Ini Penyebabnya

Pelantikan Kepala Daerah
Pelantikan Kepala Daerah di Jawa Barat oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @ridwankamil)

BANDUNG—Tiga kepala daerah di Jawa Barat (Jabar) hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 ternyata ada yang tidak ikut dilantik oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Jumat 26 Februari 2021.

Ketiga daerah itu yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Cianjur.

Tiga daerah tersebut tidak bisa dilantik bersamaan pada Jumat kemarin karena masih dalam proses penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Adapula masa jabatan yang belum berakhir.

Dua daerah yang masih menunggu keputusan MK adalah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya. Sementara Kabupaten Cianjur yang masa jabatan Kepala Daerah berakhir pada Mei 2021.

“Kabupaten Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya keputusan MK baru hadir kurang lebih di bulan Maret 2021 sehingga kita masih menunggu hasilnya, keputusan final-nya”, ucap Ridwan Kamil, seperti disitat jabarprov.go.id.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/termasuk-buat-idris-imam-ini-pesan-gubernur-jabar-usai-melantik-kepala-daerah-terpilih/

Meski begitu, selaku pemerintah provinsi, pihaknya siap membimbing memberikan dukungan dan penguatan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Selaku provinsi kami akan membimbing baik mereka datang ke Bandung atau kita yang datang ke daerah masing-masing untuk memberikan penguatan-penguatan”, tuturnya.

Kang Emil juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu daerah karena penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Jabar dinilai sukses dan tanpa adanya klaster COVID-19, seperti yang dikhawatirkan banyak pihak.

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu karena pelaksanaan yang dikhawatirkan ada klaster Covid-19 ternyata dengan kedisiplinan sangat lancar dan membuktikan Jawa Barat sangat disiplin kalau sudah dalam bentuk pesta demokrasi”, tuturnya.

(tdr/*)