Terapkan e-Tilang, Depok Terima Penghargaan

Pemasangan E-TLE di kawasan Jalan Margonda dekat Halte Balaikota (Istimewa)

JAKARTA—Wali Kota Depok, Mohammad Idris, bersama Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, menerima Piagam Penghargaan dari Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya di Gedung Promoter, Polda Metro Jaya, Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan berkaitan dengan telah diluncurkan dan diberlakukannya Electronic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik (e-tilang) secara resmi di Kota Depok mulai Senin, 23 Maret 2021.

“Penghargaan diraih karena Kota Depok mendukung dan ikut serta dalam membantu tugas-tugas kepolisian dibidang penegakan hukum lalu lintas dengan pengembangan ETLE,” ungkap Idris.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/siap-siap-23-maret-tilang-elektronik-berlaku-di-margonda/

Idris menjelaskan, ETLE merupakan implementasi teknologi yang dapat mencatat pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik.

“Tentunya hal itu terkoneksi dengan semua instansi terkait, seperti Polda Metro Jaya, Polres Metro Depok, Samsat, Dishub Kota Depok, dan sebagainya,” paparnya.

Kehadiran ETLE, katanya lagi, dapat mendukung keamanan, keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas. Termasuk mengurangi tindak kejahatan. Pasalnya, jika ada tindakan kriminalitas yang terjadi dijalan, akan terpantau dan terekam juga.

“Semoga keberadaan ETLE dapat meningkatkan kesadaran dari pengguna jalan. Mewujudkan disiplin diri dalam berlalu lintas. Serta mengingatkan akan pajak kendaraan, sehingga PAD Kota Depok bisa meningkatkan,” harapnya.

Idris memaparkan, untuk saat ini Kota Depok baru memiliki satu titik kamera ETLE yang terletak di Margonda, tepatnya Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) depan Balai Kota.

“Semoga tahun ini bisa bertambah minimal tiga titik, baik di Margonda ataupun Juanda,” harap Wali Kota usai menerima penghargaan yang dirangkai dengan grand launching ETLE nasional di Jakarta.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here