Tentara Amerika Tak Berkutik Kena Jebakan Hutan Prajurit TNI AD

Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)
Ilustrasi Prajurit TNI AD buru KKB (Istimewa)

DepokToday- Prajurit Amerika Serikat (AS) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) sedang terlibat latihan gabungan bertajuk Garuda Shield 2021. Pusat kegiatan latihan tempur itu berlangsung di hutan Indonesia.

Ada salah satu momen menarik ketika dalam latihan bersama itu ternyata tentara AS terkena jebatan hutan milik TNI AD. Peristiwa itu bahkan Departemen Pertahanan Amerika Serikat sampai ikut angkat bicara.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, momen terjeratnya tentara AS oleh jebakan TNI AD tersebut terjadi saat keduanya melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield 2021.

Saling unjuk kemampuan dalam pertempuran di lapangan tersebut diperagakan langsung oleh prajurit AS maupun TNI AD.

Kebersamaan kedua prajurit itu diunggah oleh akun Twitter resmi milik Departemen Pertahanan AS (US Departement of Defense).

Melalui sebuah cuitan, pihak Departemen Pertahanan AS pun menjelasakan momen tersebut.

Traversing the jungle and need to make a trap? Soldiers at #GarudaShield can teach you everything you need to know! @USArmy and @tni_ad soldiers are testing their jungle warfare abilities at Baturaja Training Area, Indonesia. (Melintasi hutan dan perlu membuat jebakan? Tentara di #GarudaShield dapat mengajari Anda semua yang perlu Anda ketahui! @USArmy dan @tni_ad, tentara sedang menguji kemampuan perang hutan mereka di Area Pelatihan Baturaja, Indonesia),” kicaunya, dikutip pada Jumat, 6 Agustus 2021.

Dalam sebuah video berdurasi kurang dari satu menit yang dibagikan, terlihat kegiatan latihan bersama antar kedua pihak prajurit kebanggaan AS dan Indonesia tersebut.

TNI AD Bikin Tentara Amerika Kagum

Uniknya, dalam Latma Garuda Shield ke-15 ini, sejumlah prajurit TNI mengajarkan para tentara AS membuat jebakan di hutan dengan peralatan yang cukup sederhana.

Dengan hanya bermodalkan seutas tali, ranting pohon, dan dedaunan, prajurit TNI berhasil membuat tentara AS kagum.

Tentara Amerika kena jebakan hutan TNI AD (Istimewa)
Tentara Amerika kena jebakan hutan TNI AD (Istimewa)

Dibantu oleh seorang penerjemah yang juga merupakan anggota TNI Angkatan Darat, prajurit TNI menunjukkan aksinya dalam membuat jebakan di hutan.

Terlihat pula latihan tersebut dilakukan di sebuah area yang dikelilingi oleh pepohonan.

Sejumlah tentara Amerika pun tampak dengan serius menyaksikan keahlian dari prajurit TNI dalam membuat jebakan.

Baca Juga: Aksi Nekat Tole Iskandar, Pemuda Depok yang Bikin Jatuh Pesawat NICA

Kemudian video tersebut dilanjutkan oleh seorang tentara AS yang mencoba memastikan jebakan yang dipasang prajurit TNI berfungsi secara maksimal.

Adapun berdasarkan tanda pengenal seragam tempurnya, tentara asal Negeri Paman Sam itu bernama Contreras.

Entah apa yang dilakukan oleh Contreras, dia pun terkena jebakan hutan yang dipasang oleh prajurit TNI. Terlihat dalam akhir video, tangan kiri Contreras terlilit tali jebakan.

Alhasil para prajurit TNI dan tentara AS yang melihatnya tertawa geli, bahkan beberapa di antara mereka ada pula yang merekam momen tersebut.

Sebagaimana diketahui, para prajurit TNI sejak lama memang dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam perang di hutan atau yang disebut gerilya. Makanya enggak heran kalau prajurit TNI mahir dalam membuat jebakan. (rul/*)