Tengah Malam, Parade Militer Korea Utara Tampilkan Pasukan Merah

Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: Istimewa)
Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un (Foto: Istimewa)

DepokToday- Korea Utara belum lama ini merayakan ulang tahun ke-73 pada Rabu 8 September 2021. Menariknya, puncak perayaan itu dilakukan pada malam hari, lengkap dengan parade militer.

Dari sejumlah video yang ditayangkan melalui Youtube, terlihat dengan jelas jutaan rakyat Korut tumpah ruah menyambut hari jadi negara tersebut. Menariknya lagi, disana tidak ada yang mengenakan masker.

Dalam kesempatan itu, Korut juga memamerkan parade militer dan sejumlah alat tempur yang cukup fantastis.

Kantor berita KCNA melaporkan bahwa Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, turut hadir dan menyaksikan parade di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang.

Ia tampak melemparkan senyum dan terlihat agak kurus. Kim juga sempat menyampaikan pidato dihadapan rakyatnya.

Parade militer Korut (Foto: Istimewa)
Parade militer Korut (Foto: Istimewa)

Dalam foto-foto yang dirilis surat kabar Rodong Sinmun, yang juga milik pemerintah Korut, terlihat pasukan paramiliter memamerkan baju hazmat atau pakaian antibahan berbahaya dengan warna merah.

Baca Juga: Aksi Menegangkan 4 Prajurit TNI Sergap KKB di Tengah Sungai

Parade pasukan dengan baju hazmat ini seolah menunjukkan upaya nyata Korea Utara dalam memerangi virus COVID-19.

“Kelompok pencegahan epidemi darurat dan Kementerian Kesehatan Masyarakat dengan penuh semangat patriotik menampilkan keunggulan sistem sosialis di seluruh dunia, sambil dengan tegas melindungi keamanan negara dan rakyatnya dari pandemi dunia,” tulis KCNA dikutip pada Sabtu 11 September 2021.

Strategi Korea Utara Atasi COVID

Dilansir dari situs dream, sampai dengan hari ini, Korea Utara belum mengonfirmasi satu pun kasus COVID-19, tetapi sudah menutup perbatasan dan memberlakukan tindakan pencegahan ketat. Namun hal ini berakibat pada rentetan krisis yang cukup parah bagi negara tersebut.

Dalam foto lain, pasukan militer juga terlihat memegang senapan dan beberapa lainnya datang dengan peluncuran roket.

Tidak seperti parade militer sebelumnya, kali ini Korea Utara tidak terlihat memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang kerap memicu kehebohan. (rul/*)