Temukan Tempat Makan Melanggar Aturan PPKM, Ini yang Dilakukan Satpol PP Depok

Satpol PP Depok melakukan sidak ke sejumlah tempat makan di Depok. (Istimewa)
Satpol PP Depok melakukan sidak ke sejumlah tempat makan di Depok. (Istimewa)

DepokToday – Sejumlah tempat makan atau restoran di Kota Depok diketahui masih melanggar aturan tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Hal itu diketahui , setelah Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kota Depok melakukan sidak serta pengawasan ke sejumlah tempat makan dan restoran dalam rangka implementasi Keputusan Wali Kota Depok Mohammad Idris, tentang PPKM Level 4 perpanjangan hingga 2 Agutus mendatang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok, Taufiqurakhman, dari hasil monitoring yang dilakukan anggotanya ke sejumlah lokasi, sejumlah gerai makanan masih ada yang melanggar.

Tidak melakukan tindakan pemberian sanksi, Satpol PP Depok menyebut untuk saat ini, pihaknya melakukan teguran kepada pengelola tempat makan. Itu dilakuka karena masih ditemukan beberapa pengelola yang belum paham.

“Kemudian ada yang sudah mengetahui tapi masih melanggar. Seperti kita ketahui tadi memang tidak lebih dari tiga orang, empat orang yang makan di tempat. Kita imbau kepada pemilik resto untuk mengawasi durasinya,” kata dia Selasa 27 Juli 2021.

Baca Juga: Bikin Heboh, Dokumen Hasil Test COVID-19 Jadi Bungkus Gorengan

Jika nantinya tempat makan yang sama masih melanggar, dia menegaskan, sanksi administratif tidak segan diberikan. Bahkan, sanksi lainnya, sampai dengan penutupan bisa saja dilakukan.

“Kalau tindakan setelah kita lakukan penyumbatan dan sosialisasi kembali setelah itu kalau masih melanggar ada Sanksi administratif. Sampai nanti ada penutupan tentara kalau sampai tiga kali membandel,” terang dia.

Dia menjelaskan, sebagaimana aturan yang telah ditetapkan pemerintah kota. Tempat makanan outdoor boleh menerima makan di tempat dengan pembatasan jumlah pengunjung serta pembatasan waktu makan hanya selama 20 menit. Sedangkan tempat makan atau restoran indoor tidak dibolehkan dine in.

“Kalau yang indoor nggak boleh makan di tempat karena yang diatur itu rumah makan tenda atau rumah makan yang menyediakan outdoor itu boleh makan di tempat dengan pembatasan waktu. Kita titip ke pemilik resto untuk mengatur,” kata dia. (lala/*)