Temukan Pelanggaran, Aparat Gabungan Bubarkan Kerumunan di Resto

Kapolsek Sukmajaya AKP Syafri bersama Danramil Sukmajaya Kapten Inf Suyono bersama aparat gabungan melakukan imbauan kepada warga yang masih makan di dalam resotoran pada pemberlakuan jam malam, Sabtu 19 Juni 2021. (Depoktoday.com)
Kapolsek Sukmajaya AKP Syafri bersama Danramil Sukmajaya Kapten Inf Suyono bersama aparat gabungan melakukan imbauan kepada warga yang masih makan di dalam resotoran pada pemberlakuan jam malam, Sabtu 19 Juni 2021. (Depoktoday.com)

DEPOK – Aparat gabungan melakukan razia di sejumlah tempat makan atau resto dan kafe yang disinyalir melanggar aturan waktu operasional serta protokol kesehatan.

Salah satunya juga dilaksanakan Polsek Sukmajaya, bersama Koramil Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya serta Kecamatan Cilodong pada Sabtu 19 Juni 2021.

Hasilnya, masih banyak restoran dan kafe yang melanggar aturan jam malam dan aturan larangan makan di tempat. Ditambah mereka juga menemukan pelanggaran protokol kesehatan pada sejumlah lokasi.

Kapolsek Sukmajaya AKP Syafri Wasdar mengatakan, operasi yustisi ini dilakukan sebagai tindak lanjut upaya meminimalisir penambahan kasus COVID-19 di Depok.

Hal itu dilakukan karena kasus yang semakin tinggi pada beberapa hari ini. “Kita tiga pilar melakukan operasi yustisi untuk menjalankan aturan yang ada saat ini,” sebut Syafri usai kegiatan yang dikutip pada Minggu 20 Juni 2021.

Menurut dia, sejumlah kafe dan restoran yang masih ditemukan memberikan pelayanan makan di tempat, diminta meniadakannya untuk sementara. Aparat gabungan memberikan imbauan kepada pemilik resotoran untuk melakukan hal tersebut.

“Sasaran kami ke tempat makan dan ke kafe yang melayani makan di tempat kami imbau secara humanis untuk tidak melakukan makan di tempat,” ungkap dia.

“Untuk yang di Kampung Kecil (resotran) ini ditemukan sudah tidak jaga jara. Jadi kita minta untuk pelayanan dengan take away,” tambah Syafri.

Perpanjangan Aturan Pembatasan

Sebagai informasi, Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Proporsional resmi diperpanjang di Kota Depok. Keputusan itu terpaksa diterapkan menyusul lonjakan kasus yang cukup tinggi.

Berdasarkan keputusan Wali Kota Depok, Nomor: 443/243/Kpts/Dinkes/Huk/2021, PSBB Proporsional berlaku sejak 15 Juni 2021 sampai dengan 28 Juni 2021 di Kota Depok.

Ada sejumlah kebijakan yang mengatur tentang PSBB Proporsional di Kota Depok, salah satunya adalah pembatasan aktivitas malam pada warga sampai dengan pukul 21:00 WIB.

Kemudian, untuk pusat perbelanjaan atau mal sampai dengan pukul 21:00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat disertai pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 50 persen. (lala/*)