Temukan Huruf pada Gambar, Tanda Otak Cerdas Alami Menurut Peneliti

Ilustrasi pemikiran otak cerdas (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pemikiran otak cerdas (Foto: Istimewa)

DepokTodayOtak yang cerdas menurut penelitian tidak hanya soal pengetahuan yang banyak. Mencari tau kecerdasan seseorang bisa juga dilakukan dengan tes optik berikut ini. Tingkat kejelian ini bisa menjadi faktor kecerdasan terutama dalam kejelian mata dalam melihat suatu obyek.

Nah, tes sederhana ini pernah dilakukan oleh tim Johns Hopkins University yang mencoba melihat seberapa cepat penglihatan dan memiliki efek kepada otak yang mencerna sebuah obyek menjadi kecerdasan seseorang.

Dilansir dari fimela.com, Orang yang mampu menemukan huruf kapital ‘T’ dalam gambar ini kurang dari 10 detik dianggap meliki otak cerdas secara alami.

Baca Juga: Jadi Ancaman Baru Dunia, Kenali Gejala Virus Marburg dan Cara Penularan

Jika orang tak bisa menemukan huruf T tersebut, maka mereka membutuhkan bantuan untuk memfokuskan pikiran mereka terhadap sesuatu yang diperintahkan.

Para peneliti dari Science of Learning Institute ini juga menyebutkan bahwa mengetahui apa yang tidak perlu dicari bisa sangat membantu.

Gambar tes penglihatan (Foto: Istimewa)
Gambar tes penglihatan (Foto: Istimewa)

Peneliti mengatakan, kepada para partisipan tes bahwa huruf T tersebut tidak berwarna merah. Setelah itu partisipan diminta menemukan lagi di dalam gambar tersebut.

Baca Juga: Mal di Depok Dibuka Kembali, Antusias Pengunjung Langsung Tinggi

Hasilnya, mereka menemukan huruf T lebih cepat dari sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa ketika orang diberi waktu untuk memahami bahwa ada sesuatu yang bisa diabaikan sebelum mulai tes maka mereka dapat mencari lebih cepat dan efisien.

Bagi orang yang cerdas, informasi tambahan atau clue tersebut tidaklah penting. Mereka bisa menemukan dengan mudah huruf yang tersembunyi di antara banyaknya warna dan pola yang menutupi di dalam gambar. (lala/*)