Temui Wamen Pertanian, Kiai Mukhlis Bicarakan Usaha ini

K.H. Mukhlis Effendi (tengah) ketika bertemu dengan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi (kiri).(Foto: Istimewa)

JAKARTA—Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), K.H. Mukhlis Effendi, menemui Wakil Menteri (Wamen) Pertanian yang juga Bendahara PBNU, Harvick Hasnul Qolbi, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 20 Januari 2021.

Kiai Mukhlis mengatakan pertemuan dengan Wamen Pertanian selain dalam rangka menjalin silaturahmi, juga membahas rencana membangun sejumlah unit usaha.

“Pertama kita menjalin silaturahmi dengan pak Wamen sekaligus juga membahas beberapa kegiatan seperti usaha air minum dan lahan pertanian di beberapa lokasi di Gunung Mas Bogor,” kata Kiai Mukhlis kepada DepokToday.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/divisi-hukum-ld-pbnu-paparkan-delapan-program-dalam-agenda-rapat-kerja/

Dijelaskan Kiai Mukhlis, lahan yang akan digarap adalah 1.200 hektare. Namun, lanjut dia, saat ini yang sudah digarap sekira 40 hektare.

“Ada beberapa lahan produktif yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan umat,” ungkap Kiai Mukhlis.

“Tanah yang milik PTPN seluas 1.200 hektare yang tadinya pohon teh akan kita ganti menjadi pohon dan buah alpukat,” tambah pria yang juga Pimpinan Umum depoktoday.com itu.

K.H. Mukhlis Effendi (lima kiri) di salah satu lahan yang digarap Tim Hukum dan Advokasi LD PBNU.(Foto: Istimewa)

Ia mencontohkan, di daerah Jasinga, Bogor, ada 30 hektare yang diperuntukan jeruk lemon. Kemudian di Cianjur, dari 150 hektare lahan baru tergarap 30 hektare untuk tanaman bunga mawar.

“Di Lombok juga ada lahan dan beberapa lahan produktif lainnya untuk mengembangkan produk bangsa Indonesia. Insya Allah dengan dorongan pak Wamen semua program mengembangkan tani yang saat ini kita produktifkan bisa terselenggara,” harapnya.

(rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here