Temuan Harta Karun Indonesia yang Mengejutkan Dunia, Ada Keramat Nabi

Ilustrasi. Tumpukan harta karun yang ditemukan di perairan Indonesia. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi. Tumpukan harta karun yang ditemukan di perairan Indonesia. (Foto: Pixabay)

DepokToday- Sejumlah harta karun berharga pernah ditemukan di perairan Indonesia. Salah satu benda berharga yang sempat membuat dunia tercengang adalah temuan batu permata besar yang disebut keramat Nabi.

Melansir iNews.id, deretan harta karun yang ditemukan di Nusantara ini terdiri dari emas, uang hingga perhiasan. Diduga, itu semua berasal dari kapal yang karap berabad-abad silam.

Sejumlah temuan harta karun itu di antaranya ditemukan di perairan Belitung, Cirebon dan Aceh.

Baca Juga: Listrik Padam Tidak Terencana di Lokasi Ini, Karena Gangguan Trafo PLN Depok

Selain emas, koin dan perhiasan, ada juag ditemukan artefak. Seperti kisahnya, berikut ulasan yang berhasil dihimpun DepokToday.com pada Selasa 19 Oktober 2021.

Di lepas pantau Pulau Belitung, tumpuka harta karun bernilai jutaan dolar dari sebuah kapal layar yang tenggelam saat mengarungi lautan dari Afrika ke China sekira 830 Masehi, lalu.

Menurut laporan media tersebut, kapal ini tenggelam di titik 1,6 kilometer (km) lepas pantai Pulau Belitung. Seorang direktur perusahaan beton asal Jerman yang Bernama Tilman Walterfang ikut andil dalam penemuan itu.

Yang tak kalah mengejutkannya lagi adalah harta karun yang berasal dari kapal karam di Cirebon. Di kapal yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon tersebut ditemukan batu permata besar milik Dinasti Fatimiyah.

Baca Juga: Alhamdulillah, PPKM Diperpanjang, Depok Turun ke Level 2

Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad. Harta karun kapal karam di Indonesia ini ditemukan di sebuah bangkai kapal dari abad ke-10 di kedalaman 56 meter di bawah permukaan laut.

Kapal berhasil ditemukan pada April 2004 dan Oktober 2005. Para tim penyelam telah menghabiskan 22.000 perjalanan untuk dapat mengangkut muatan yang berjumlah 270.000 objek ini.

Objek yang ditemukan di dalamnya seperti kristal, permata, porselen Tiongkok, keramik, emas dan mutiara. Harta karun kapal karam Cirebon ini diperkirakan sudah terbaring selama 1.000 tahun. Salah satu yang bikin takjub adalah batu permata yang disebut keramat Nabi.

Harta Karun di Tempat Keramat

Kemudian di wilayah Aceh, seorang warga setempat menemukan tumpukan koin emas.

Nasib beruntung yang dialami oleh Fatimah ini bermula ketika dirinya sedang menyisir rawa-rawa untuk mencari tiram di Desa Gamping Pande, Aceh. Harta ini ditemukan dalam bentuk kotak yang tertutupi koral dan tiram.

Menurutnya, kotak itu tiba-tiba terbuka saat Fatimah memukul permukaannya untuk mengambil tiram. Ia pun kaget karena di dalamnya ternyata berisi berisi koin emas dengan tulisan aksara Arab.

Baca Juga: Ketahui, Ini Daftar 21 Jenis Penyakit dan Layanan yang Tidak Dicover BPJS Kesehatan

Para ahli menduga, koin ini diperkirakan berasal tahun 1200 hingga 1600 Masehi. Penemuan harta karun ini ditemukan dekat kuburan kuno penguasa abad ke-13 yang keberadaannya ditemukan setelah tsunami dahsyat Aceh tahun 2004 lalu.

Sebelum kejadian tsunami, masyarakat sekitar tidak berani untuk mengusik makam ini karena ketakutan arwah mendiang penguasa itu akan marah. (rul/*)