Tangkal Paham Radikal, TNI Bentuk Kampung Pancasila di Depok

Posko Kampung Pancasila di wilayah Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong. (Istimewa)

CILODONG- Sejumlah wilayah di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) Jayakarta, mendirikan Kampung Pancasila. Salah satu tujuannya adalah untuk menghalau paham radikal yang dikhawatirkan menyasar kalangan milenial.

Di Depok, program tersebut bahkan telah dilakukan secera serentak oleh seluruh Komando Rayon Militer atau Koramil yang berada di bawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0508-Depok.

Seperti di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong. Di tempat itu, sejumlah pasukan dari Koramil Sukmajaya terlibat aktif dalam hal pembinaan idiologi Pancasila.

“Sasaran kami adalah generasi muda. Ini penting, untuk memperkuat wawasan kebangsaan mereka sehingga tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif,” kata Danramil Sukmajaya, Kapten Inf Suyono, Rabu 7 April 2021

Menurut pria yang akrab disapa Yono itu, tantangan yang dihadapi anak bangsa sekarang ini sangatlah kompleks. Penyebabnya tak lain karena derasnya arus informasi melalui internet.

“Akses untuk mendapatkan informasi sangat terbuka, jika tidak bisa memfilter akan sangat berbahaya karena tidak semua info benar, banyak yang mengandung unsur hoax dan provokatif, ini yang harus kita waspadai,” jelasnya

Baca Juga: Kodim 0508/Depok Siap Wujudkan WBK dan WBBM

Selain itu, berdasarkan penjelasan sejumlah pengamat, pelaku radikal akhir-akhir ini kerap memanfaatkan jejaring media sosial untuk merekrut kaum milenial.

“Saya rasa hal-hal seperti itu yang harus kita antisipasi. Nah keberadaan Kampung Pancasila ini diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan dan tantangan zaman di era modern sekarang ini,” kata Yono

Sementara itu, Lurah Sukamaju, Nurhadi, mengaku sangat mendukung keberadaan Kampung Pancasila.

“Ke depan Kampung Pancasila sebagai wadah pembinaan bagi masyarakat pada umumnya.Jadi nanti setiap RW ada ini (Kampung Pancasila),” katanya

Sama seperti Kampung Tangguh Jaya, Nurhadi pun yakin, keberadaan Kampung Pancasila dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan warga.

“Jadi ini bukan hanya sebagai wadah untuk memahami idiologi Pancasila, tapi juga bermanfaat dalam segi keamanan lingkungan, kegiatan kreatifitas dan pembinaan kesejahteraan. Terutama membina pemuda saat ini.” (rul/*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here