Tanggal 5 Juni Boleh Salat Jumat Berjemaah di Masjid

KH. Mahfudz Anwar.(Istimewa)

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, KH. Mahfudz Anwar, menegaskan warga diperbolehkan melaksanakan salat Jumat berjemaah.

Penegasan Kiai Mahfudz ini menyusul menurunnya tren positif virus Corona di Kota Depok dan wacana penerapan New Normal oleh Pemerintah Pusat.

“Namanya di masa adaptasi menjelang New Normal. Agar masyakat (muslim khususnya) tidak bingung dalam melaksanakan salat jum’at,” ujar Kiai Mahfudz, kepada wartawan di Kantor MUI Depok, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Selasa (2/5/2020).

Ia menyatakan, umat Islam Depok untuk hari Jumat (5/5/2020) sudah diperbolehkan salat Jumat secara berjamaah di masjid maupun musala.

Meski begitu, dirinya tetap mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan standar protokol Covid-19 seperti menjaga jarak dan lainnya.

“Bahkan jika masjidnya sudah tidak bisa menampung jemaah lebih banyak. Bisa menggunakan musala atau bangunan majelis taklim ditempati untuk salat Jumat,” paparnya.

Mahfudz berharap agar masyarakat tetap berdisiplin dalam menjaga kesehatan serta mentaati peraturan sesuai standar Covid-19.

Dirinya juga berharap dengan kedisiplinan warga dan doa semoga wabah virus Corona ini segera hilang dan aktivitas warga bisa normal kembali.

“Semoga dengan dibukanya kembali masjid untuk salat Jumat berjemaah sesuai dengan tuntutan, menjadi semangat baru. Harapan, agar Kota Depok menjadi aman terbebas dari Covid-19 dan bisa menjalankan kehidupan seperti biasa,” harapnya.

(ahi)