Tangani COVID, Presiden Geber Vaksinasi di Sejumlah Tempat Strategis

Presiden Jokowi tinjau percepatan vaksinasi di Bogor. (DepokToday.com)
Presiden Jokowi tinjau percepatan vaksinasi di Bogor. (DepokToday.com)

BOGOR- Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan Stasiun Bogor, Kota Bogor pada Kamis 17 Juni 2021.

Dilansir dari kominfo.go.id, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi tiba bersama rombongan di lokasi sekira pukul 09.00 WIB.

Ia kemudian langsung meninjau satu per satu proses tahapan vaksinasi, dari mulai pendaftaran hingga pembagian sertifikasi.

Jokowi juga menyapa sejumlah warga Kabupaten Bogor yang tengah melakukan vaksinasi di beberapa tempat terpisah melalui sambungan konferensi video.

Kedatangan Kepala Negara dilakukan untuk memastikan bahwa vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat yang berada di sana, agar dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Sehingga, target melakukan vaksinasi terhadap 70 persen masyarakat dapat segera tercapai. “Kita membutuhkan percepatan kecepatan vaksinasi ini,” katanya.

Baca Juga: Begini Kondisi Ruang Pasien COVID RSUD Depok, Bed ICU Sisa 1

Ia meyakini, dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah beserta seluruh jajaran, hal itu berpotensi menghambat penyebaran COVID-19. Vaksin dipercaya mampu membuat kekebalan kelompok atau herd imunity di masyarakat.

Kini, pemerintah tengah agresif melakukan vaksinasi pada ratusan ribu orang dalam satu hari. Pada Juli 2021, jumlah vaksinasi yang akan dilakukan dapat mencapai sebanyak 1 juta orang.

Jokowi berharap, seluruh pihak terkait di Kabupaten Bogor dapat terus meningkatkan vaksinasi yang dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, target mencapai kekebalan kelompok dapat diwujudkan pada Agustus 2021.

“Program vaksinasi ini secepatnya target kita capai, paling tidak di Kabupaten Bogor bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal,” katanya

Presiden Geber Vaksinasi di Lokasi Interaksi Tinggi

Tak hanya itu, pemerintah juga terus mengintensifkan guliran vaksinasi COVID-19 untuk dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Presiden pun meminta adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi terutama di daerah dengan tingkat interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi, baik itu stasiun kereta, terminal bus, airport, dan juga pelabuhan, karena di situlah kalau tidak kita segerakan akan terjadi penyebaran.”

Jokowi mengaku, pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bogor harus dilakukan karena tingginya interaksi dan mobilitas di tempat tersebut.

“Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi, penyangga dari Ibu Kota Jakarta, sehingga interaksi, mobilitas semuanya tinggi.”

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, pihaknya ingin memberikan prioritas baik bagi penumpang KRL, kemudian penumpang kereta api, juga para pekerja yang ada di stasiun untuk melindungi mereka dari COVID-19.

Dengan telah dimulainya pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bogor ini, diharapkan dapat menghambat lanjut pandemi.

“Kita harapkan pagi hari ini dengan dimulainya vaksinasi di stasiun dan  lingkungannya, saya harapkan semuanya bisa terlindungi dari COVID-19.”

Pad hari ini, vaksinasi diberikan kepada 10 ribu masyarakat yang berada di sekitar kawasan stadion dan juga dibagikan secara serentak pada puskesmas maupun rumah sakityang berada di sekitar Kabupaten Bogor. (rul/*)