Tanda Kolesterol Tinggi Muncul di Tangan dan Kaki, Begini Ciri-cirinya

Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)
Tanda kolesterol tinggi dari kaki yang sakit. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Sejumlah tanda kolesterol yang tinggi bisa muncul di tangan dan kaki. Segera periksa ke dokter jika Anda menemukan gejala ini.

Ya, gejala fisik dengan sangat jelas bisa memperlihatkan kondisi tubuh Anda, terutama beberapa gejala fisik yang dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi.

Ini dapat terjadi di tangan atau kaki, serta di area lain dari tubuh. Melansir dari Sindonews.com, jika Anda mengalami rasa sakit di tangan atau kaki, hal ini mungkin disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan.

Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit. Medicover Hospitals juga mencantumkan tiga tanda peringatan kolesterol tinggi lainnya.

Dikatakan sering kesemutan merupakan tanda, karena gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat sensasi kesemutan di tangan dan kaki.

Tingkat kolesterol tinggi dalam darah membuat aliran darah kental dan mempengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan. Selain itu, Anda mungkin mengalami nyeri dada di sisi kiri.

Baca Juga: Viral Ular Raksasa Melayang di Langit, Ternyata Hewan Sungguhan

Nyeri dada, terutama di sisi kiri menunjukkan penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung dan dapat menyebabkan rasa sakit. Terkadang, rasa sakitnya bahkan bisa menyebar hingga ke leher. Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa menyebabkan nyeri dada dan juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

Selain tanda kolesterol yang muncul di tangan dan kaki, sering sakit kepala di bagian belakang kepala juga bisa menjadi indikator kondisi tersebut. Tersumbatnya pembuluh darah di area sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol.

Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke. Ketika LDL atau kolesterol jahat menumpuk di dinding arteri, zat inflamasi dilepaskan dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. (lala/*)