Tak Puas dengan Hasil Pilkada? Bisa Lapor ke MK

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.(Foto: twitter.com)

MARGONDA—KPU Depok telah menetapkan Idris-Imam sebagai pemenang Pilkada Depok 2020 melalui rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota, Selasa 15 Desember 2020.

Ketua KPU Depok, Nana Shobarna, menyatakan, apabila ada pihak yang tidak puas dengan hasil tersebut dapat ditempuh ke jalur hukum yaitu Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jika misalnya ada ketidakpuasan, dapat ditempuh melalui jalur hukum yang memang sudah ada ketentuannya. Betul, kan ada jalur MK jalur perselisihan hasil pemilihan kalau memang itu dianggap kurang dan ada ranahnya untuk bisa ditempuh jika ada perselisihan hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi,” kata Nana.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/tok-idris-imam-pemenang-pilkada-depok-2020/

Dijelaskan Nana, gugatan itu dapat dilayangkan ke MK setelah KPU menetapkan hasil rekapitulasi.

“Tentu setelah kami menetapkan hasilnya itu bisa langsung dilakukan diajukan, kalau kaitan itu bisa konfirmasi ke panitera di MK, ranah mereka untuk bisa diproses,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Idris-Imam dinyatakan oleh KPU Depok sebagai pemenang Pilkada Depok 2020. Paslon nomor urut 2 itu meraih suara sebanyak 55,55 persen, sedangkan Pradi-Afifah Alia mendapat 44, 45 persen suara.

(eru)