Tak Cuma Pasangan Baru, Kartu Nikah Digital Juga untuk Pasangan Lama Menikah, Begini Cara Dapatkannya

Ilustrasi pernikahan (istimewa)

DepokToday – Ditargetkan kartu nikah digital diberlakukan pada pekan Depan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Depok memberikan informasi cara mendapatkan kartu nikah ini. Tidak hanya yang baru menikah, pasangan yang sudah menikah juga bisa memiliki kartu digital ini.

Kepala Kemenag Kota Depok Asnawi menyebutkan, pasangan calon pengantin yang ingin mendapat kartu ini terlebih dahulu harus mengisi formulir pendaftaran melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Web di www.simkah.kemenag.go.id.

Pada aplikasi ini pasangan calon pengantin mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Baca Juga: Presiden Minta Kepala Daerah Gali Potensi Ekspor, Khususnya di Bidang Ini

“Setelah pasangan pengantin rampung melaksanakan akad nikah, kartu ini akan dikirim melalui email dan nomor WhatsApp yang telah didaftarkan melalui Simkah. Kartu nikah nantinya akan dikirimkan dalam bentuk tautan atau ‘link’ ke email dan Whatsapp,” ungkap Asnawai dikutip Minggu 15 Agustus 2021.

Selain itu, kartu nikah tidak hanya bisa dimiliki oleh pasangan yang baru nikah. Melainkan juga diperuntukkan bagi pasangan yang sudah lama menikah. Mereka pasangan yang lama menikah bisa membuatnya dengan cara ini.

Baca Juga: Bikin Bangga se-Depok, Septiani Bacakan UUD 45 Dihadapan Jokowi

Tahapan untuk mengajukan kartu nikah digital bagi pasangan yang sudah lama menikah di antaranya:

1. Datang ke Kantor Urusan Agama tempat menikah.
2. Data pernikahan dimasukkan ke dalam web Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).
3. Kartu ini akan dikirim melalui email dalam bentuk soft file.

Baca Juga: Virus Marburg Dikatakan WHO Jadi Ancaman Baru, Kemenkes Lakukan Ini

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ditargetkan pada pekan depan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok mulai memberlakukan kartu nikah digital. Mekanisme ini diambil sebagai bentuk kemudahan yang dihadirkan dalam pengurusan kegiatan apapun yang membutuhkan kartu ini.

“Hal tersebut sesuai dengan Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital. Kita targetkan pekan depan sudah bisa mulai dilakukan,” sebut Kepala Kemenag Kota Depok Asnawi, pada Jumat 13 Agustus 2021. Baca Juga: Kemenag Depok Targetkan Pekan Depan Berlakukan Kartu Nikah Digital. (lala/*)