Tak Bisa Prediksi Pohon Tumbang, DLHK Depok Siagakan Satgas Ini 24 Jam

Macet parah di Jalan Margonda akibat pohon tumbang di Simpang Juanda karena diterpa angin kencang pada Selasa 21 September 2021 sore. (Depoktoday.com)
Macet parah di Jalan Margonda akibat pohon tumbang di Simpang Juanda karena diterpa angin kencang pada Selasa 21 September 2021 sore. (Depoktoday.com)

DepokToday – Intensitas hujan yang beberapa hari ini mulai tinggi membuat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan atau DLHK Kota Depok telah menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Pohon. Termasuk dump truck untuk mengevakuasi pohon tumbang secara cepat.

“Intensitas hujan kembali tinggi dan cuaca akhir-akhir ini cukup buruk. Kami sudah antisipasi dengan menyiagakan minimal 10 Satgas Pohon serta dua unit armada berupa dump truck guna mengevakuasi pohon tumbang,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Indra Kusuma, seperti dilansir dari situs beritadepok.go.id.

Dikatakannya, pihaknya juga siaga 24 jam dalam menerima laporan warga. Terutama terkait adanya pohon tumbang maupun pohon yang rawan tumbang.

“Kami tidak bisa prediksi cuaca dan pohon rawan tumbang. Pohon yang teridentifikasi sehat, bisa saja rubuh akibat kekuatan angin yang begitu kencang,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah memasang rambu pada sejumlah pohon rawan tumbang di beberapa wilayah. Semua itu guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat. “Diharapkan masyarakat peduli dan memperhatikan hal-hal tersebut,” terang dia.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras disertai angin kencang kembali melanda Kota Depok pada Minggu, 31 Oktober 2021. Akibat peristiwa itu, sejumlah pohon tumbang dan merusak bangunan hingga menutup jalan.

Data yang dihimpun DepokToday.com menyebutkan, beberapa peristiwa pohon tumbang di antaranya terjadi di wilayah Bedahan, kemudian di Jalan Raya Sawangan dekat DTC, dan di kawasan Duren Seribu, Sawangan Depok.

Kejadian itu salah satunya dilaporkan oleh mantan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

“Terjebak pohon tumbang di wilayah Bedahan di Jalan Sainan, ada pohon nangka tumbang di jalan raya. Semoga bisa segera diatasi,” kata Pradi dalam video singkat dari dalam mobil.  Baca Selengkapnya: Hari Ini, Pohon Tumbang dan Longsor Kembali Melanda Depok. (lala/*)