Suriname Tutup Laga Terakhir di Piala Emas 2021 dengan Kemenangan

Pemain Suriname merayakan gol Gleofilo Vlijter.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pemain Suriname merayakan gol Gleofilo Vlijter.(Foto: Twitter Gold Cup)

HOUSTON, TEXAS—Suriname menutup pertandingan Piala Emas Concacaf 2021 dengan kemenangan saat bentrok dengan Guadeloupe Stadion BBVA, Houston, Rabu 21 Juli 2021 pagi WIB.

Suriname memimpin 1-0 melalui gol menit ke-14 dari Gleofilo Vlijter. Pemain depan berusia 21 tahun itu mencetak gol keduanya di turnamen tersebut.

Namun keunggulan Suriname tak bertahan lama. Guadeloupe menyamakan skor lewat Matthias Phaeton di menit ke-20.

Matthias Phaeton.(Foto: Twitter Gold Cup)
Matthias Phaeton.(Foto: Twitter Gold Cup)

Sayangnya, pada menit ke-29 Guadeloupe harus bermain dengan 10 pemain karena Kelly Irep diusir keluar lapangan setelah diganjar kartu merah oleh wasit.

DIBACA JUGA: Pertaruhan Posisi Teratas Grup C Piala Emas 2021

Tetapi Les Gwada Boys—julukan Guadeloupe—hampir mencetak gol pada menit ke-42 andai saja tendangan bola dari Raphael Mirval hampir tidak membentur mistar atas.

Suriname kemudian memiliki peluang yang dimentahkan oleh mistar gawang di babak pertama perpanjangan waktu. Tak ada lagi gol membuat skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, dengan unggul jumlah pemain, Suriname kembali mencetak gol. Kali ini Nigel Hasselbaink yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-79.

DIBACA JUGA: Empat Tim Menanti Lawan di Perempat Final Piala Emas 2021, Siapa Saja?

Penjaga gawang Guadeloupe, Kevin Ajax, yang sudah tampil 13 kali di turnamen ini, menyelamatkan upaya Ridgeciano Haps pada menit ke-85 untuk menjaga terpaut satu gol, dan itu hampir terbayar di saat-saat terakhir ketika Steve Solvet hampir mencetak gol untuk Guadeloupe dari peluang sepak pojok.

Pertandingan Suriname melawan Guadeloupe.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pertandingan Suriname melawan Guadeloupe.(Foto: Twitter Gold Cup)

Alih-alih ingin menyamakan skor kembali, Guadelope mesti kehilangan satu pemain lagi. Quentin Annette diusir wasit keluar lapangan pada perpanjangan waktu usai menerima kartu kuning kedua.

Bagi Suriname, kemenangan bersejarah ini adalah tiga poin pertama mereka dalam debut turnamen negara itu.

Suriname juga mendapat promosi tampil di Liga Bangsa-Bangsa Concacaf 2022-2023, sekaligus menunjukkan bahwa ada kemajuan sepak bola di negara yang punya kedekatan dengan Didi Kempot itu.

(tdr/*)