Superklasik Amerika Selatan Kelas Dunia akan Menentukan Juaranya

Pertandingan final Copa America 2021 antara Argentina vs Brasil.(Foto: Twitter Copa America)
Pertandingan final Copa America 2021 antara Argentina vs Brasil.(Foto: Twitter Copa America)

RIO DE JANEIRO—Argentina dan Brasil bertemu di Maracana, Rio de Janeiro, untuk memainkan pertandingan final Copa America 2021, Minggu 11 Juli 2021 pagi WIB.

Duel superklasik kelas dunia yang dimiliki Amerika Selatan itu disebut-sebut sebagai final ideal. Sebab tidak hanya berbicara soal rivalitas kedua tim, tapi juga persaingan dua pemain terbaik di planet ini, Lionel Messi dan Neymar Junior.

Kerap bentrok di pertandingan internasional dan diisi pemain bertabur bintang, duel Argentina melawan Brasil diprediksi bakal berlangsung sengit.

Para pemain dari kedua kubu sudah pasti tidak akan mengenal kata kekalahan di laga nanti. Terlebih lagi bagi Brasil, yang berstatus juara bertahan sekaligus tuan rumah Copa America 2021.

Trofi Copa Amerika.(Foto: Twitter Copa America)
Trofi Copa Amerika.(Foto: Twitter Copa America)

Neymar dkk tak ingin menanggung malu di rumah sendiri. Pun dengan Argentina. Lionel Messi cs juga mau menambah koleksi gelar juara untuk ke-15 kalinya.

DIBACA JUGA: Perjalanan Argentina dari Penyisihan Sampai Final Copa America 2021

Argentina dan Brasil sama-sama belum pernah mengalami kekalahan selama mengarungi bahtera turnamen edisi ke-47 ini. Kedua tim juga sama memetik satu kali hasil imbang di babak penyisihan grup.

Kedua pelatih, Lionel Scaloni (Argentina) dan Tite (Brasil), tentunya ingin mempertahankan rekor tak terkalahkan tersebut sehingga menggapai juara dengan kemenangan sempurna.

Bumbu Final

Dikutip dari conmebol.com, ada beberapa bumbu pertandingan Argentina vs Brasil jadi final yang tak terlupakan, dan salah satu yang terbaik dari Copa America, turnamen antar negara tertua di dunia.

Brasil dan Argentina akan bermain untuk ke-34 kalinya di ajang Copa America. Brasil menang dalam 10 pertandingan, Argentina menang 15 kali dan seri di delapan pertandingan tersisa. Ini akan menjadi kedelapan kalinya mereka bertemu di tanah Brasil, di mana Canarinha—julukan Brasil—tidak terkalahkan melawan rival mereka di final ini.

Ini akan menjadi final keempat antara Brasil dan Argentina untuk Copa America: Argentina mengangkat gelar sekali (1937) dan Brasil melakukannya di dua pertandingan menentukan lainnya (2004 dan 2007). Mereka tidak pernah memainkan final di Brasil.

Skuat Argentina di Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)
Skuat Argentina di Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)

Argentina kalah dalam enam final terakhir yang dimainkannya di turnamen senior (Copa America 2004, 2007, 2015, 2016; Piala Konfederasi 2005 dan Piala Dunia 2014).

Brasil, di sisi lain, memenangkan enam pertandingan terakhir yang mereka mainkan (Copa America 2004, 2007, 2019, dan Piala Konfederasi 2005, 2009 dan 2013). Tiga dari final tersebut adalah antara Brasil dan Argentina: Copa America 2004, 2007 dan Piala Konfederasi 2005.

Brasil tidak terkalahkan dalam enam pertandingan melawan Argentina di Copa America: kekalahan terakhir mereka terjadi pada edisi 1991, 3-2. Rekor Brasil tanpa kekalahan melawan Argentina di Kualifikasi, Piala Amerika dan Piala Konfederasi (semua pertandingan resmi) adalah tujuh pertandingan.

Skuat Brasil di Copa Amerika 2021.(Foto: Twitter Copa America)
Skuat Brasil di Copa Amerika 2021.(Foto: Twitter Copa America)

Argentina menang hanya dalam satu dari 19 kunjungan terakhir mereka ke Brasil untuk pertandingan resmi: 1-0 dalam pertandingan persahabatan yang dimainkan di Maracana pada tahun 1998.

Brasil dan Argentina akan bertemu untuk ke-13 kalinya di Stadion Maracana: Brasil memenangkan tujuh pertandingan, Argentina dua kali dan seri tiga kali. Pertemuan terakhir adalah pada tahun 1998, dan itu adalah kemenangan terakhir Albiceleste: 1-0 dalam pertandingan persahabatan. Ini akan menjadi pertandingan keempat di stadion itu untuk Copa America: Canarinha memenangkan dua (1979 dan 1989) dan sisanya seri (1983).

Brasil tidak terkalahkan dalam 26 pertandingan Copa America di kandang. Dia hanya kalah dua kali dari 46 pertandingan yang dia mainkan di kandang sendiri dalam kompetisi: melawan Paraguay (1-2, pada 1949) dan melawan Peru (1-3, pada 1975).

Bagan Copa America 2021 dari babak perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga, hingga final.(Foto: Twitter Copa America)
Bagan Copa America 2021 dari babak perempat final, semifinal, perebutan tempat ketiga, hingga final.(Foto: Twitter Copa America)

Argentina hanya kalah satu kali dari enam pertandingan terakhirnya melawan tuan rumah Copa America: itu terjadi di edisi terakhir 2019, ketika mereka kalah 2-0 dari Brasil.

Lionel Scaloni dan Tite akan bertemu untuk keempat kalinya: semua pertandingan adalah Brasil-Argentina. Pelatih asal Brasil itu menang dua kali (1-0 pada 2018 dan 2-0 pada 2019) dan pelatih tim Argentina satu (1-0, pada November 2019). Kemenangan Argentina itu merupakan kekalahan terakhir Tite sebagai pelatih Brasil.

Lionel Messi dan Neymar bertemu lima kali: pemain Argentina itu menang tiga kali dan pemain Brasil dua kali, dan mereka tidak pernah seri. Empat dari pertandingan itu adalah Argentina-Brasil, di mana masing-masing dua kemenangan. Partai yang menjadi ujung tombak adalah Barcelona-Santos, bertepatan dengan final Piala Dunia Antarklub 2011 (4-0).

(tdr/*)