Supaya Awet, Pahami Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar, Begini Seharusnya

Celana Jeans. (Foto: Istimewa)
Celana Jeans. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Hayo, siapa di antara kalian yang sering mencuci celana jeans setelah pemakaian pertama? Beberapa dari anda mungkin cukup sering mencuci celana jeans. Namun, tidak sedikit pula yang jarang mencucinya.

Memang ada orang percaya bahwa jarang mencuci celana jeans akan membuatnya lebih awet dan tahan lama. Di samping itu, membatasi pemakaian mesin cuci juga dapat mengurangi jejak karbon yang berdampak baik pada lingkungan.

Tak heran, ada orang-orang yang baru mencuci jeans setelah benar-benar kotor dan bau. Namun, apakah tindakan ini tepat? Untuk memahami lebih jauh, berikut beberapa kiat mencuci jeans yang dirangkum dari Mindbodygreen.

Kalian mungkin sering bertanya-tanya, kapan waktu yang tepat mencuci jeans? Menurut seorang aktivis lingkungan, Tonya Harris, saat celana jeans berbau tidak sedap, itu tandanya harus segera dicuci.

“Waktu yang tepat untuk mencuci jeans adalah setelah 6-10 kali pemakaian. Namun, jika terlihat kotor dan berbau kita harus segera mencucinya,” ujar Tonya.

Global VP of Women’s Design di Levi Strauss & Co., Jill Guenza menjelaskan bahwa celana jeans terbuat dari 100 persen katun. Hal ini yang membuat celana jeans bisa bertahan lama dan awet meski tidak pernah dicuci.

Perbedaan Cara Mencuci Celana Jeans

Baca Juga:Jangan Sampai Kena Tilang, Ini 7 Ciri-ciri Pelat Nomor Incaran Polisi di Jalan

Namun, celana jeans berbeda dengan celana jeans stretch. Jika memiliki celana jeans stretch dengan campuran bahan spandeks atau polyester, anda mungkin perlu mencucinya lebih sering.

Denim stretch pada umumnya membutuhkan pencucian yang lebih sering daripada celana jeans biasa untuk mengembalikannya ke bentuk aslinya dan mengaktifkan kembali serat yang melar,” ungkap Jill.

Ketika berulang kali digunakan dan dicuci, celana jeans stretch pasti akan melar. Hal ini berbeda dengan celana jeans biasa. Jill menjelaskan bahwa pada dasarnya, celana jeans biasa justru menyusut karena terbuat dari bahan katun.

Frekuensi mencuci jeans tergantung dari bahannya, dan seberapa sering kita menggunakannya. Tonya mengatakan bahwa cara tepat mencuci celana jeans adalah mencucinya menggunakan air dingin. Setelah itu, jemur celana jeans di tempat terbuka dan angkat saat sudah benar-benar kering sehingga tidak meninggalkan bau.

Saat menjemur, kalian perlu membalik celana jeans sehingga bagian dalamnya langsung terpapar sinar matahari dan udara luar. Dengan perawatan yang benar, celana jeans akan awet bahkan setelah berkali-kali dicuci.(lala/*)