Sultan DPD RI Desak Jokowi Libatkan Siti Fadilah Hadapi Pandemi

Anggota DPR RI, Sultan minta Jokowi libatkan Siti Fadilah Supari (Istimewa)
Anggota DPR RI, Sultan minta Jokowi libatkan Siti Fadilah Supari (Istimewa)

DEPOK- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia atau DPD RI, Sultan B Najamudin meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menggandeng mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari guna mengatasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, Sultan menilai, mantan Menteri Kesehatan di era SBY itu bisa jadi sosok yang tepat untuk dilibatkan pemerintah dalam memberikan wawasan, pertimbangan, bahkan susunan strategi jangka pendek maupun jangka panjang melawan pandemi virus Corona.

Di sisi lain, Siti Fadilah juga jadi sosok penting yang mampu memberikan prestasi dan kesuksesan di Indonesia dalam melawan flu burung dan flu babi beberapa dekade silam.

Atas dasar itulah, Sultan akhirnya meminta kepada Presiden Jokowi agar segera menggandeng Siti Fadilah dalam mengatasi pandemi ini.

“Saya meminta kepada Bapak Presiden RI untuk memanggil ibu Siti Fadilah Supari ke Istana dan sekaligus pemerintah untuk dapat memberikan ruang keterlibatan secara formal (kewenangan khusus) dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia,” katanya dikutip pada Kamis, 22 Juli 2021.

Sultan Beberkan Sepak Terjang Siti Fadilah

Menurut Sultan, Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berpengalaman seperti Siti Fadilah.

Dia juga mengimbau kepada pemerintah, agar dalam membuat setiap kebijakan ke depannya tidak terjadi trial dan error.

Sebab, ketika hadir masalah pemerintah kerap kali cenderung kalang kabut dalam menghadapinya.

“Jadi segera harus dirumuskan dengan pendekatan yang berasal dari kacamata ilmu pengetahuan dengan melibatkan orang yang berpengalaman secara komprehensif dalam dunia epidemiologi.

“Dan beliau (Siti Fadilah) memiliki semuanya untuk berperan besar membantu pemerintah menanggulangi COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Netizen Ramai-ramai Nyinyirin Rektor UI, Komentarnya Kocak Abis

Lebih lanjut mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini menjelaskan, sosok Siti Fadilah yang dianggapnya sebagai aset bangsa.

Ia menganggap, Siti Fadilah merupakan ilmuwan yang kaya akan pengalaman sebagai pejabat pemerintahan, bahkan karyanya sudah diakui di dunia internasional.

“Ibu Siti adalah aset bangsa ini. Apalagi dalam menghadapi pandemi. Beliau adalah seorang ilmuwan dan kaya pengalaman di birokrasi sebagai menteri di pemerintahan,” katanya.

“Selain itu, beliau telah menerbitkan 150 karya ilmiah yang dipublish dalam jurnal nasional maupun internasional,” sambung Sultan. (rul/*)