Sudah Oktober, Ganjil Genap di Depok Belum Diuji Cobakan

Petugas gabungan melakukan razia parkir liar di kawasan Jalan Margonda (Istimewa)

DepokToday – Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok masih menunda pelaksanaan penerapan ganjil genap di Jalan Margonda Raya.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Andi Indra Waspada mengatakan, belum dapat memastikan kapan ganjil genap di Jalan Margonda bisa diterapkan atau uji coba untuk tahap awalnya.

“Pelaksanaan belum ditentukan. Kemarin kan ada rencana mau uji coba. Namun, sebelum uji coba ada tahapan-tahapan yang harus kita lalui,” kata Andi kepada wartawan Sabtu 2 Oktober 2021.

Andi mengatakan, tahapan yang harus dilaluinya diantaranya rapat dengan dewan transportasi, kajian-kajian, rapat transportasi, kemudian survey bersama, dan studi banding ke Polda Metro Jaya.

“Setelah dari situ kita akan mengundang pemangku-pemangku kepentingan dulu, pelaku bisnis usaha di jalan tersebut, kemudian kita akan panggil perwakilan tokoh masyarakat dan sebagainya,” kata Andi.

Baca Juga: Tidak Berlaku untuk Motor, Ini Skenario di Balik Ganjil Genap Margonda

“Jadi kalau pelaksanaannya belum dimulai karena tahapan itu harus dilalui dulu.”

Andi mengatakan, selain tahapan yang harus dilalui, keputusan penerapan ganjil genap di Jalan Margonda juga perlu keputusan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Nanti endingnya kita akan melaporkan ke Wali Kota, setelah ditentukan boleh kita ujicoba, baru kita uji coba,” kata Andi.

Andi meneybut, dalam menentukan kebijakan ini tidak dapat terburu-buru dan membutuhkan proses yang panjang, agar tidak ada yang merasa dirugikan dengan pelaksanannya.

“Jangan sampai nanti pelaksanaan sudah main, masyarakat komplen, pelaku bisnis komplen,” kata Andi.

Sebelumnya diberitakan, pelaksanaan perdana ganjil genap di Kota Depok akan dimulai pada Oktober 2021 dengan diawali uji coba selama 2 pekan. Rencananya aturan itu hanya akan diterapkan di waktu weekend saja yakni hari Sabtu dan Minggu. (ade/*)